Peningkatan pemahaman pada Mata Pelajaran Fiqih Materi Sholat Witir melalui Metode Demonstrasi pada Kelas III MI Roudlotul Banat Taman Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fitri, Iffatul Laela (2019) Peningkatan pemahaman pada Mata Pelajaran Fiqih Materi Sholat Witir melalui Metode Demonstrasi pada Kelas III MI Roudlotul Banat Taman Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Iffatul Laela Fitri_D07215016.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena rendahnya pemahaman peserta didik, proses pembelajaran tidak pernah menggunakan metode pada pembelajaran mata pelajaran fiqih kelas III-A MI Roudlotul Banat Taman Sidoarjo. Berdasarkan hasil UH (Ulangan Harian) pada semester genap tahun 2018-2019, dari 22 peserta didik, hanya 6 peserta didik yang nilainya mencapai KKM dan 16 peserta didik masih belum tuntas. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini ialah (1) Bagaimana penerapan metode demonstrasi untuk meningkatkan pemahaman mata pelajaran Fiqih materi sholat witir pada siswa kelas III-A MI Roudlotul Banat Taman Sidoarjo?. (2) Bagaimana peningkatan pemahaman mata pelajaran Fiqih materi sholat witir dengan menggunakan metode demonstrasi untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas III-A MI Roudlotul Banat Taman Sidoarjo?. Model yang digunakan peneliti sebagai acuan penelitian tindakan kelas ialah model dari Kurt Lewin yang didalamnya terdapat empat tahapan yaitu perencanaan (Planning), Tindakan (Acting), Observasi (Observation), Reflksi (Reflection). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas III-A MI Roudlotul Banat Taman Sidoarjo yang terdiri dari 22 peserta didik. Pengambilan data dilakukan peneliti melalui observasi, dokumentasi nilai UH (Ulangan Harian) mata pelajaran fiqih semester genap tahun 2018-2019 , wawancara, tes tulis, dan dokumentasi. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: (1) Penerapan metode demonstrasi diperoleh hasil observasi aktivitas guru dan aktivitas peserta didik pada siklus I yaitu 80,8 (baik) dan pada siklus II meningkat menjadi 93 (sangat baik). Sedangkan hasil observasi peserta didik pada siklus I yaitu 82,8 (baik) dan pada siklus II meningkat menjadi 93 (sangat baik). (2) Pemahaman mata pelajaran fiqih materi sholat witir menggunakan metode demonstrasi mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata peserta didik mata pelajaran fiqih materi sholat witir pada pra siklus adalah 62,5 dengan persentase 27,27% (kurang). Pada siklus I menjadi 68,1 dengan persentase 45,45% (kurang). Pada siklus II meningkat menjadi 83,18 dengan persentase 81,81% (sangat baik).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fitri, Iffatul Laelaiffatullaela@gmail.comD07215016
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorNadlir, NadlirNadlir25@gmail.comUNSPECIFIED
Thesis advisorMas'ud, SulthonSulthon123@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Fikih
Salat > Salat Sunat
Uncontrolled Keywords: Pemahaman; Fiqih; Metode Demonstrasi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fitri Iffatul Laela
Date Deposited: 06 Aug 2019 03:46
Last Modified: 06 Aug 2019 03:46
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/33501

Actions (login required)

View Item View Item