Perancangan Resort Dengan Pendekatan Kontekstualisme di Pulau Gili Ketapang Probolinggo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Yanti, Damai (2019) Perancangan Resort Dengan Pendekatan Kontekstualisme di Pulau Gili Ketapang Probolinggo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Damai Yanti_H73215028.pdf

Download (9MB)

Abstract

Setelah diresmikan pada tahun 2016 sebagai wisata oleh pemerintah Kabupaten Probolinggo, pulau Gili Ketapang menjadi salah satu objek wisata favorit di Kabupaten Probolinggo. Kurang lebih 300 wisatawan dalam seminggu yang berkujung baik dari dalam maupun luar kota. Sebagai wisata pantai baru, dalam hal tersebut fasilitas akomodasi menjadi hal penting untuk mendukung dalam menciptakan kenyamanan, kemudahan, keselamatan wisatawan dalam mengunjungi destinasi wisata. salah satu sarana akomodasi yang diperlukan adalah penginapan yang mampu menonjolkan potensi dimiliki pulau gili ketapang secara maksimal. .Gili Ketapang juga memiliki masyarakat yang berasal dari suku Madura yang dikenal memiliki budaya yang khas. Perancangan resort di pulau gili ketapang Probolinggo guna untuk mengoptimalkan potensi wisata yang memiliki keselarasan dengan lingkungan. Keselarasan pada perancangan resort memanfaatkan potensi alam dengan menggunakan sinar matahari untuk membantu dalam kebutuhan listrik dan menggunakan sebagian material lokal khusunya penggunaan material kayu yang terdapat di Pulau Gili Ketapang. Bentuk keselarasan lainnya dimunculkan pada desain bangunan dengan mengadopsi bentuk Rumah Tradisional Madura yang diaplikasikan pada bentuk atap, penggunaan gejug atau dinding kayu, menggunakan ukiran-ukiran khas Madura, dan menggunakan struktur bangunan panggung yang umumnya digunakan pada bangunan di pinggir pantai.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Yanti, Damaidamaiyanti342@gmail.comH73215028
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRatodi, Muhamadmratodi@gmail.comUNSPECIFIED
Thesis advisorJunaidi, Rahmadjunaichi@yahoo.co.idUNSPECIFIED
Subjects: Arsitektur
Keywords: Resort, Selaras, Rumah Madura
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Arsitektur
Depositing User: Yanti Damai
Date Deposited: 07 Aug 2019 01:38
Last Modified: 07 Aug 2019 01:40
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/33498

Actions (login required)

View Item View Item