Sejarah perkembangan Majelis Ta’lim dan Dzikir Jam’iyah Shalawat Nariyah Mustaghitsu Al Mughist di Dusun Mantenan Desa Sukorejo Kecamatan Udanawu Kabupaten Blitar: 2011-2018

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Choisaroh, Umi (2019) Sejarah perkembangan Majelis Ta’lim dan Dzikir Jam’iyah Shalawat Nariyah Mustaghitsu Al Mughist di Dusun Mantenan Desa Sukorejo Kecamatan Udanawu Kabupaten Blitar: 2011-2018. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Umi Choisaroh_A92215057.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Sejarah Perkembangan Majelis Ta’lim dan Dzikir Jam’iyah Shalawat Nariyah Mustaghitsu Al Mughits di Dusun Mantenan Desa Sukorejo Kecamatan Udanawu Kabupaten Blitar 2011-2018. Adapun masalah yang akan dibahas pada skripsi ini adalah 1) Bagaimana sejarah berdirinya Majelis Ta’lim dan Dzikir Jam’iyah Shalawat Nariyah Mustaghitsu Al Mughits? 2) Bagaimana perkembangan Majelis Ta’lim dan Dzikir Jam’iyah Shalawat Nariyah Mustaghitsu Al Mughits? 3) Bagaimana pandangan masyarakat terhadap Majelis Ta’lim dan Dzikir Jam’iyah Shalawat Nariyah Mustaghitsu Al Mughits? Majelis Ta’lim dan Dzikir Jam’iyah Shalawat Nariyah Mustaghitsu Al Mughits merupakan sebuah organisasi keagamaan dimana Shalawat Nariyah dijadikan sebagai salah satu amalannya, dan menjadikan Ahlus Sunnah Wal Jama’ah sebagai landasan berpikirnya. Penelitian ini berfokus pada Majelis Ta’lim dan Dzikir Jam’iyah Shalawat Nariyah Mustaghitsu Al Mughits di Dusun Mantenan Desa Sukorejo Kecamatan Udanawu Kabupaten Blitar 2011-2018. Untuk menjawab permasalahan pada penilitian, penelitian ini menggunakan metode sejarah. Metode ini menggunakan empat tahap penelitian, yaitu Heuristik Verifikasi, Interpretasi, dan Historiografi. Pendekatan yang peneliti gunakan adalah pendekatan historis dan sosiologi. Sedangkan teori yang digunakan pada penelitian ini adalah teori Continuity (kesinambungan) and Change (perubahan) dari John Obert Voll. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan (1) Latar belakang berdirinya Majelis Ta’lim dan Dzikir Jam’iyah Shalawat Nariyah Mustaghitsu Al Mughits yaitu karena K.H Muhammad Shonhaji Nawal Karim Zubaidi ingin meneruskan amalan Shalawat Nariyah ini. Majelis Ta’lim dan Dzikir Jam’iyah Shalawat Nariyah Mustaghitsu Al Mughits ini berdiri sekitar tahun 2004. (2) Perkembangan Majelis Ta’lim dan Dzikir Jam’iyah Shalawat Nariyah Mustaghitsu Al Mughits dari tahun 2004 hingga 2018 mengalami kemajuan yang pesat, mulai dari banyaknya jumlah anggota, menyebarnya wilayah Majelis Ta’lim dan Dzikir Jam’iyah Shalawat Nariyah Mustaghitsu Al Mughits sampai ke luar Negeri. (3) Pandangan masyarakat Blitar mengenai perkembangan Majelis Ta’lim dan Dzikir Jam’iyah Shalawat Nariyah Mustaghitsu Al Mughits semuanya merespon baik, akan tetapi ada juga beberapa catatan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Choisaroh, UmiChaisaroh12@gmail.comA92215057
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorNuriyadin, NuriyadinUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Adab
Sejarah
Uncontrolled Keywords: Sejarah; Perkembangan; Majelis Ta’lim dan Dzikir Jam’iyah Shalawat Nariyah Mustaghitsu Al Mughits
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Choisaroh Umi
Date Deposited: 13 Aug 2019 07:15
Last Modified: 13 Aug 2019 07:15
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/33494

Actions (login required)

View Item View Item