Peningkatan kemampuan mengenal angka 1-10 melalui media papan flanel pada Kelompok A Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Bustanul Athfal 50 Gayungan, Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ni`mah, Lilik muslichatun (1996) Peningkatan kemampuan mengenal angka 1-10 melalui media papan flanel pada Kelompok A Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Bustanul Athfal 50 Gayungan, Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
LILIK MUSLICHATUN NI`MAH_D08215005.pdf

Download (14MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan mengenal angka 1-10 pada TK Aisyiyah Bustanul Athfal 50 yang rendah. Terbukti dari 80% anak belum mengenal angka 1-10 pada usia 4-5 tahun. Tujuan penelitian untuk mengetahui proses pembelajaran mengenal angka 1-10 melalui media papan flanel dan untuk mengetahui peningkatan kemampuan mengenal angka 1-10 melalui media papan flanel pada kelompok A TK Aisyiyah Bustanul Athfal 50 Surabaya. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan model Kurt Lewin. Penelitian ini dari Pra Siklus, Siklus I, Siklus II, dan Siklus III. Pada Siklus I, Siklus II, dan Siklus III terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa Raudlatul Athfal Kelompok A1 Usia 4-5 tahun dengan jumlah 20 anak. Terlihat hasil ketuntasan belajar anak di Siklus I 40% (belum berkembang) dengan nilai rata-rata 55,83% (cukup), siklus II 75 % (Berkembang Sesuai Harapan) dengan nilai rata-rata 71,67% (baik), dan siklus III 90% (berkembang dengan baik) dengan nilai rata-rata 75,83% (baik). Peningkatan pada siklus III terjadi saat penggunaan media papan flanel disertai dengan metode bernyanyi bersama menulis angka. Anak akan mempunyai pengalaman menulis angka secara konkrit melalui bernyanyi tentang angka memudahkan anak untuk menghafal angka 1-10.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ni`mah, Lilik muslichatunmuslichatunlilik9@gmail.comD08215005
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMusthofa, M.BahriUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorAziz, YahyaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Media
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Muslichatu ni'mah Lilik
Date Deposited: 07 Aug 2019 08:07
Last Modified: 07 Aug 2019 08:07
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/33487

Actions (login required)

View Item View Item