Efektivitas pelaksanaan UKBM (Unit Kegiatan Belajar Mandiri) pada pembelajaran matematika di Kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kurniawati, Untari Lisya (2019) Efektivitas pelaksanaan UKBM (Unit Kegiatan Belajar Mandiri) pada pembelajaran matematika di Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Untari Lisya Kurniawati_D74215114.pdf

Download (4MB)

Abstract

UKBM dirancang sebagai perangkat pendukung dalam proses pembelajaran individu dalam sistem SKS. UKBM masih menjadi hal baru dalam dunia pendidikan dan masih jarang digunakan. Untuk pengembangan dan penerapan UKBM lebih lanjut, diperlukan pengetahuan efektivitasnya lebih lanjut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pelaksanaan UKBM (Unit Kegiatan Belajar Mandiri) pada pembelajaran matematika yang ditinjau dari aktivitas guru dalam mengelola kelas, aktivitas siswa, kemandirian siswa, respons siswa dan ketuntasan belajar siswa. Penelitian dilakukan di dua sekolah yang menggunakan UKBM yaitu SMAN 2 Sidoarjo dan SMAN 3 Sidoarjo. Subjek penelitian ini adalah 134 siswa dari sekolah-sekolah tersebut. Teknik pengumpul data yang digunakan adalah observasi untuk aktivitas guru dan siswa, angket untuk kemandiran dan respons siswa serta tes hasil ketuntasan klasikal belajar siswa. Hasil data observasi dan angket tersebut selanjutnya dipaparkan dan dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Sedangkan, data hasil belajar dianalisis menggunakan analisis kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh bahwa: (1) Pengelolaan pembelajaran yang dilakukan guru selama pembelajaran UKBM mendapat kategori baik. (2) Aktivitas siswa selama pembelajaran UKBM termasuk kedalam kategori baik. (3) respons kemandirian siswa termasuk dalam kategori positif. (4) respons siswa dalam pembelajaran UKBM dapat dikatakan respons siswa positif. (5) Hasil belajar siswa setelah pembelajaran UKBM matematika dinyatakan tuntas. Jadi dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan UKBM pada pembelajaran matematika di Kabupaten Sidoarjo berjalan efektif.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kurniawati, Untari Lisyauntari.lisya20@gmail.comD74215114
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
AuthorLubab, Ahmadahmadlubab@uinsby.ac.idUNSPECIFIED
AuthorSuparto, Supartosuparto69@yahoo.comUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pembelajaran
Uncontrolled Keywords: Efektivitas; UKBM; pembelajaran; kemandirian.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Untari Lisya Kurniawati
Date Deposited: 05 Aug 2019 09:40
Last Modified: 05 Aug 2019 09:40
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/33486

Actions (login required)

View Item View Item