Pengaruh Media Wayang Terhadap Keterampilan Menyimak Cerita Pada Kelompok A Di Taman Kanak-Kanak Muslimat Nu 205 Al – Husna Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Lestari, Maghfiroh Puji (2019) Pengaruh Media Wayang Terhadap Keterampilan Menyimak Cerita Pada Kelompok A Di Taman Kanak-Kanak Muslimat Nu 205 Al – Husna Gresik. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Maghfiroh Puji Lestari_D98215061.pdf

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya keterampilan menyimak cerita kelompok A TK Muslimat NU 205 Al-Husna Gresik. Dikarenakan kurangnya pengetahuan guru terhadap penggunaan media pembelajaran dalam bercerita. Sehingga masih banyak anak yang kurang memperhatikan guru. Oleh karena itu peneliti ingin menggunakan media wayang untuk meningkatkan keterampilan menyimak cerita siswa. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui keterampilan menyimak cerita siswa sebelum diterapkan media wayang, untuk mengetahui bagaimana keterampilan menyimak cerita siswa setelah diterapkan media wayang dan untuk mengetahui bagaimana pengaruh media wayang terhadap keterampilan menyimak cerita kelompok A di TK Muslimat NU 205 Al-Husna Gresik. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah eksperimental one group pretest posttest. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan paired t test dengan bantuan program SPSS 16.00 for windows untuk mengetahui pengaruh sebelum dan sesudah pemberian treatment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media wayang dalam kegiatan bercerita dapat meningkatkan keterampilan menyimak siswa. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata pretest sebesar 7.90 dan posttest sebesar 12.35. kemudian analisis data menggunakan paired t test dengan data pretest dan posttest. Diketahui nilai sig. 0.000 < 0.05, t hitung = 12.399, t tabel = 2.093. Maka dapat dismpulkan bahwa H0 ditolak. Jadi ada pengaruh media wayang terhadap keterampilan menyimak cerita, dibuktikan dengan adanya kenaikan skor sebanyak 4-6 point dari hasil pretest ke posttest.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Lestari, Maghfiroh Pujifirohlestari@gmail.comD98215061
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorMukhoiyaroh, Mukhoiyarohyaroh354@gmail.comUNSPECIFIED
Thesis advisorDwijo, Al-Qudus Nofiandri Eko SuciptoUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Keterampilan
Wayang
Uncontrolled Keywords: Media Wayang; Keterampilan Menyimak; PAUD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Raudhotul Athfal
Depositing User: Puji Lestari Maghfiroh
Date Deposited: 06 Aug 2019 08:19
Last Modified: 06 Aug 2019 08:19
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/33483

Actions (login required)

View Item View Item