Pengaruh Sektor Industri Makanan Minuman dan Sektor Industri Kayu terhadap penyerapan Tenaga Kerja di Kabupaten Sidoarjo Tahun 2010-2017

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Indawati, Dwi Cahya (2019) Pengaruh Sektor Industri Makanan Minuman dan Sektor Industri Kayu terhadap penyerapan Tenaga Kerja di Kabupaten Sidoarjo Tahun 2010-2017. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dwi Cahya Indawati_G71215030.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penyerapan tenaga kerja yang banyak merupakan salah satu cara pemerintah dalam upaya mensejaterakan masyarakat. Sektor ekonomi yang dapat menyerap tenaga kerja dengan banyak adalah sektor industri, terutama industri manufaktur atau pengolahan. Sektor industri manufaktur diantaranya adalah industri makanan minuman yang mewakili industri terbanyak di Kabuaten Sidoarjo serta industri kayu yang mewakili industri paling sedikit di Kabupaten Sidoarjo. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif, penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui pengaruh industri makanan minuman dan industri kayu terhadap penyerapan tenaga kerja di Kabupaten Sidoarjo. Data yang digunakan adalah seluruh jumlah unit usaha industri makanan minuman dan industri kayu di wilayah kecamatan Kabupaten Sidoarjo. Hasil penelitian ini adalah sektor industri makanan minuman dan sektor industri kayu berpengaruh terhadap penyerapan tenaga kerja di Kabupaten Sidoarjo. Hal ini terbukti dengan diperoleh persamaan regresi linier model Y= 3.97843 + 0.050703 + 0.063799 + e, sehingga jika sektor industri makanan minuman meningkat 1% maka penyerapan tenaga kerja di Kabupaten Sidoarjo juga meningkat sebesar 0.05%. Begitu pula pada sektor industri kayu berpengaruh terhadap penyerapan tenaga kerja di Kabupaten Sidoarjo, sehingga jika sektor industri kayu meningkat 1% maka penyerapan tenaga kerja pun meningkat 0.063 %. Saran pada penelitian ini terbagi menjadi dua bagian, yakni kepada pemerintah, kepada tenaga kerja. Kepada pemerintah agar dapat membuat regulasi seadil mungkin guna mensejahterakan masyarakatnya. Kepada tenaga kerja agar selalu terus belajar dan meningkatkan keterampilan atau skill agar tenaganya tidak digantikan oleh teknologi atau mesin.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Indawati, Dwi Cahyadwiindawati33@gmail.comG71215030
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNurlailah, NurlailahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Ekonomi
Industri Kecil
Keywords: Penyerapan Tenaga Kerja; Industri Makanan Minuman Industri Kayu
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Indawati Dwi Cahya
Date Deposited: 08 Aug 2019 06:12
Last Modified: 22 Aug 2019 03:46
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/33475

Actions (login required)

View Item View Item