PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP PERKALIAN PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN PMRI BAGI SISWA KELAS II MI MIKSYAFUL ULUM BERATWETAN KECAMATAN GEDEG KABUPATEN MOJOKERTO TAHUN PELAJARAN 2014/2015

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Qoyyim, Muhamad Khaniful (2015) PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP PERKALIAN PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN PMRI BAGI SISWA KELAS II MI MIKSYAFUL ULUM BERATWETAN KECAMATAN GEDEG KABUPATEN MOJOKERTO TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (308kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (40kB) | Preview

Abstract

Untuk mengatasi masalah pemahaman konsep perkalian dalam matematika, sebaiknya guru memilih dan menggunakan pendekatan pembelajaran yang tepat. Penggunaan pendekatan pembelajaran yang tepat akan memberikan dorongan pada guru dalam menyampaikan pembelajaran matematika yang menyenangkan dan bukan menyeramkan sehingga siswa dapat termotivasi untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.
Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah : a. Bagaimanakah peningkatkan pemahaman konsep perkalian pada pembelajaran matematika dengan Pendekatan PMRI Bagi Siswa Kelas II MI Miksyaful Ulum Beratwetan Kecamatan Gedeg Kabupaten Mojokerto Tahun Pelajaran 2014/2015?. b. Bagaimana pendekatan PMRI dalam meningkatkan pemahaman konsep perkalianpada pembelajaran matematikabagi siswa kelas II MI Miksyaful Ulum Beratwetan Kecamatan Gedeg Kabupaten Mojokerto Tahun Pelajaran 2014/2015?.
Penelitian ini bertujuan untuk: a. meningkatkan pemahaman konsepperkalian melalui penggunaan Pendekatan Matematika Realistik pada siswa kelasII MI Miksyaful Ulum Beratwetan Kecamatan Gedeg KabupatenMojokerto, b. meningkatkan keaktifan siswa kelas IIMI Miksyaful Ulum Beratwetan Kecamatan Gedeg KabupatenMojokerto dalam pembelajaran perkalian matematikamelalui penggunaan Pendekatan Matematika Realistik.
Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan tiga siklus.Subjek penelitian adalah siswa kelas II MI Miksyaful Ulum Beratwetan Kecamatan Gedeg KabupatenMojokerto. Teknikanalisis menggunakan teknik analisis model interaktif yang terdiri dari tigakomponen analisis yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan simpulan atauverifikasi.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan, (1) ada peningkatanpemahaman konsep perkalian melalui penggunaan Pendekatan MatematikaRealistik melalui nilai rata-rata kelas , dari tes awal, siklus I, siklus II dan siklusIII diperoleh data 58,64: 68,64: 76,36 dan 85. (2) ada peningkatan prosentaseketuntasan belajar siswa dari tes awal, siklus I, II dan III diperoleh data 40,91 %; 50 %; 77,27 % dan 100 %. Dengan demikian direkomendasikan bahwapembelajaran matematika dengan Pendekatan Matematika Realistik dapatmenigkatkan pemahaman konsep perkalian pada siswa kelas II MI Miksyaful Ulum Beratwetan Kecamatan Gedeg KabupatenMojokertoTahun 2015

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Zudan Rosyidi
Creators:
CreatorsEmailNIM
Qoyyim, Muhamad KhanifulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Pendidikan > Matematika Realistik
Uncontrolled Keywords: Konsep Perkalian; Pendekatan Matematika Realistik
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Sulaiman Sulaiman
Date Deposited: 15 Jan 2016 03:03
Last Modified: 15 Jan 2016 03:07
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/3346

Actions (login required)

View Item View Item