Intelektualitas Nurcholis Madjid: analisis peradaban Islam di Indonesia Tahun 1970 – 2005

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Alfin, Much Zendara (2019) Intelektualitas Nurcholis Madjid: analisis peradaban Islam di Indonesia Tahun 1970 – 2005. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Much Zendara Alfin_A92215100.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Intelektualitas Nurcholis Madjid : Analisis Peradaban Islam Di Indonesia Tahun 1970 – 2005” permasalahn yang akan dibahas dalam skripsi ini meliputi, (1) Bagaimana keadaan Islam di Indonesia ?(2) Bagaimana intelektualitas Nurcholis Madjid tentang Islam di Indonesia ?(3) Bagaimana respon masyarakat terhadap intelektualitas Nurcholis Madjid ? Metode penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah metode penelitian sejarah yang terdiri dari tahap heuristik, verifikasi, interpretasi dan historiografi. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan historis yang bertujuan untuk mengkaji, mengungkap atau menjelaskan peristiwa yang terjadi pada masa lampau. Sedangkan, landasan teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori peranan yang didefinisikan oleh Soejono Soekanto. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Islam di Indonesia berkembangan dengan pesat, sehingga banyak masyarakat yang berbondong-bondong ingin menyatakan ke Islamannya. Walau terdiri atas banyak suku dan budaya, Islam masih eksis dan mau menerima budaya baru yang melebur terhadap budaya lama. (2) Nurcholis Madjid telah menjadi sosok penting bagi perkembangan pemikiran Islam di Indonesia. Keintelektual nya tidak diragukan lagi, banyak pembaharuan–pembaharuan yang digagasnya untuk perkembangan Islam di Indonesia. (3) Dengan keberagaman budaya dan suku, berbagai respon pro dan kontra menghiasi pemikiran yang digagas oleh Nurcholis Madjid. Akan tetapi, dengan adanya pola berfikir yang telah digagas oleh Nurcholis Madjid banyak melahirkan pemikiran baru yang disesuaikan dengan perkembangan zaman modern.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Alfin, Much Zendarazendara99@gmail.comA92215100
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRidwan, Abu BakarUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pembaruan
Pemikiran
Keywords: Indonesia; Sekularisasi; Modernisasi; Liberalisasi
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Much Zendara Alfin Much Zendara
Date Deposited: 07 Aug 2019 02:06
Last Modified: 07 Aug 2019 02:06
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/33458

Actions (login required)

View Item View Item