Interfaith Dialogue di komunitas Young Interfaith Peacemaker Community (YIPC) Regional Surabaya berbasis al Qur’an dan Alkitab

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Adila, Alannadya (2019) Interfaith Dialogue di komunitas Young Interfaith Peacemaker Community (YIPC) Regional Surabaya berbasis al Qur’an dan Alkitab. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Alannadya Adila_E92215036.pdf

Download (3MB)

Abstract

Young Interfaith Peacemaker Community adalah sebuah komunitas lintas iman yang terdiri dari pemuda dan pemudi Islam dan Kristen yang bergerak di bidang perdamaian. Oleh karena itu, dalam berdialog mereka hanya mendasarkan pada al-Qur’an dan Alkitab (Taurat, Kitab para nabi, dan Injil). Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan model interfaith dialogue di komunitas YIPC regional Surabaya dan dinamikanya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Untuk mendapatkan data, peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumen yang berupa catatan pribadi milik komunitas YIPC. Penelitian ini menguraikan data yang di peroleh dari lapangan melalui model-model kegiatan interfaith dialogue yang diuraikan oleh para ahli yaitu: dialog teologi, dialog do’a, dan dialog aksi. Serta menguraikan dinamika interfaith dialogue berdasarkan prinsip-prinsip dialog menurut Leonardo Swidler. Hasil penelitian menunjukkan bahwa interfaith dialogue yang dilakukan oleh YIPC regional Surabaya adalah model dialog teologi yang dilakukan dalam kegiatan pendidikan perdamaian berbasis al-Qur’an dan Alkitab, materi a common word, klarifikasi prasangka, sesi mengenal iman, scriptual reasoning, dan diskusi tematik. Sedangkan dialog do’a, komunitas YIPC melakukannya di awal maupun akhir kegiatan yang diwakili oleh pemuda dan pemudi Islam dan Kristen. Pada dialog aksi, komunitas YIPC melakukan berbagai bentuk kerjasama baik antara anggota Islam dan Kristen, maupun dengan masyarakat umum. Dari dinamika yang dilakukan oleh YIPC dapat disimpulkan bahwa model interfaith dialogue yang dilakukan oleh YIPC dapat dijadikan sebuah solusi dalam mengelola hubungan antar agama.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Adila, Alannadyaadilaalannadya@gmail.comE92215036
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorBasyir, KunawiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorNasruddin, NasruddinUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Al Qur'an
Toleransi
Uncontrolled Keywords: Interfaith Dialogue; Islam; Kristen
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Studi Agama - Agama
Depositing User: Adila Alannadya
Date Deposited: 06 Aug 2019 05:04
Last Modified: 06 Aug 2019 05:04
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/33447

Actions (login required)

View Item View Item