Analisis upaya penerapan etika bisnis islam pada praktik jual beli di Facebook Marketplace

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Andani, Shinta Nova (2019) Analisis upaya penerapan etika bisnis islam pada praktik jual beli di Facebook Marketplace. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Shinta Nova Andani_G04215032.pdf

Download (908kB)

Abstract

Skripsi ini menggunakan jenis penelitian kualitatif yang menggunakanteknik pengumpulan data berupa wawancara dan dokumentasi. Di mana data yangsudah terkumpul dianalisis secara deskriptif kualitatif guna menjawab pertanyaan yang ada. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jual beli online di Facebook Marketplace dapat dikatakan sudah memenuhi rukunnya. Namun secara syarat sahnya masih belum bisa dikatakan bisnis online yang sesuai dengan syariat Islam karena terdapat pedagang yang menjualkan barang yang dilarang dalam Islam dan masih banyaknya barang yang tidak sesuai dengan spesifikasi barang atau gambaran yang diiklankan. Kegiatan jual beli di Facebook Marketplace belum menerapkan Etika Bisnis Islam di antaranya tidak jujur, karena para pedagang kebanyakan melakukan sistem dropship dengan memposting gambar yang tidak sesuai dengan aslinya sedikit beda kualitasnya dengan yang asli. Menjual barang yang tidak baik mutunya serta tidak halal misalnya pelet/santet. Kekurangan dari jual beli di Facebook Marketplace ini yaitu kurangnya pengawasan dari pihak perusahaan dan dalam pencantuman harga yang tidak sesuai dengan harga aslinya. Selain itu ada beberapa prinsip yang sudah diterapkanoleh pedagang di Facebook Marketplace di antaranya amanah (tanggung jawab), tidak menggunakan sumpah untuk menarik pelanggan, bermurah hati apabila terdapat konsumen yang komplain, pedagang juga membangun hubungan baik antar kolega, kemudian transparan dalam menetapkan harga serta tidak mengandung riba. Saran dari peneliti untuk penjaul di Facebook Marketplace adalah agar dapat mempraktikkan transaksi jual beli yang sesuai syariah dan prinsip- prinsip etika bisnis serta dapat menggunakan aplikasi Facebook Marketplace dengan bijaksana dan profesional.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Andani, Shinta Novashintanovaandani1997yahoo@gmail.comG04215032
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorGhozali, M. Lathoifmuhammadlathoif@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Jual Beli
Etika
Keywords: Etika Bisnis Islam; Jual Beli
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Andani Shinta Nova
Date Deposited: 14 Aug 2019 03:36
Last Modified: 14 Aug 2019 03:36
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/33441

Actions (login required)

View Item View Item