Dakwah Persaudaraan Muslimin Indonesia (PARMUSI) di daerah kristenisasi: studi desa buntalan kec. Temayang kab. Bojonegoro

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Adon, Jubaidi (2019) Dakwah Persaudaraan Muslimin Indonesia (PARMUSI) di daerah kristenisasi: studi desa buntalan kec. Temayang kab. Bojonegoro. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Adon Jubaidi_F02717214.pdf

Download (1MB)

Abstract

Rumusan Masalah yang diteliti dalam tesis ini adalah bagaimana Konsep Dakwah Parmusi di Daerah Kristenisasi dan Bagaimana Implementasi Dakwah Parmusi di Daerah Kristenisasi (Studi Desa Buntalan. Kec. Temayang. Kab. Bojonegoro). Untuk memperoleh jawaban dari permasalahan tersebut, Penulis langsung terjun ke lapangan, terlibat langsung dengan dakwah Parmusi di Desa Buntalan mengikuti jalannya dakwah, kemudian melalui wawancara dengan da’i-da’i Parmusi di Desa Buntalan dan Tokoh Masyarakat Desa Buntalan serta menganalisis hasil observasi. Penelitian ini berlangsung selama 6 bulan. penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan menggunakan analisis deskriptif dengan teori Tindakan Sosial Max Weber. dimana pengumpulan data yang didapatkan adalah melalui beberapa sumber observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian di peroleh kesimpulan bahwa Konsep Dakwah Parmusi dalam pencegahan Kristenisasi di desa Buntalan kecamatan Temayang Kabupaten Bojonegoro menerapkan beberapa cara diantaranya yaitu: 1.Pendekatan Dakwah, Pendekatan yang dilakukan Parmusi dengan menggunakan 4 pendekatan yaitu: Pendekatan Personal, Pendekatan Pendidikan, Pendekatan Penawaran, Pendekatan Misi 2. Strategi Dakwah, Parmusi mempunyai strategi-strategi yang telah disusun oleh lembaga Parmusi yakni melakukan sejumlah langkah Menata, Menyapa, dan Membela Ummat. 3. Metode Dakwah, Adapun metode dakwah yang difokuskan PARMUSI di Desa Buntalan dengan membangun 4 pilar di lingkungan warga desa yang ingin dicapai yaitu: Peningkatan iman dan takwa, Membangun kemandirian ekonomi, Pemberdayaan sosial, mengembangkan pendididikan warga dan pengetahuan warga yang masih tertinggal, baik secara formal maupun informal. Sedangkan Implementasi Dakwah Parmusi dalam pencegahan Kristenisasi di desa Buntalan kecamatan Temayang Kabupaten Bojonegoro sebagai berikut: Dengan menggunakan beberapa pendekatan yaitu pendekatan personal dengan melakukan kunjungan secara pribadi ke tokoh masyarakat maupun ke masyarakat umum, Pendekatan Misi yaitu dengan menerjunkan para dai ke daerah-daerah kristenisasi, Pendekatan Penawaran dengan mengajak masyarakat mengikuti pengajian dakwah tanpa memaksa, Pendekatan Pendidikan Anak dengan mengajarkan kepada anak-anak ilmu agama Islam, Dalam Strategi Dakwah Parmusi melakukannya dengan cara pengembangan dakwah melalui kerjasama dengan komponen masyarakat. Dalam Metode Dakwah Parmusi melakukan beberapa metode yaitu dengan cara peningkatan religiusitas masyarakat melalui ceramah umum dan pengajian kultum serta dengan pemberdayaan sosial sebagai bentuk kepedulian dalam pemberdayaan sosial.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Adon, Jubaidijubaidiadon@gmai.comF02717214
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorLilik, Hamidahelham73iain@yahoo.com197312171998032002
Subjects: Dakwah
Dakwah > Dakwah, Masyarakat
Organisasi Masyarakat
Uncontrolled Keywords: Dakwah; Parmusi; Kristenisasi
Divisions: Program Magister > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Jubaidi Adon
Date Deposited: 09 Aug 2019 09:01
Last Modified: 09 Aug 2019 09:01
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/33435

Actions (login required)

View Item View Item