BIMBINGAN KELOMPOK MELALUI KARYAWISATA DALAM MENINGKATKAN PERILAKU PROSOSIAL SISWA KELAS IX F SMP HANGTUAH 1 SURABAYA

Ariadin, Ageng (2015) BIMBINGAN KELOMPOK MELALUI KARYAWISATA DALAM MENINGKATKAN PERILAKU PROSOSIAL SISWA KELAS IX F SMP HANGTUAH 1 SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (355kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (304kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (382kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (529kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (480kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (561kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (300kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (284kB) | Preview

Abstract

Indonesia merupakan negara yang mempunyai sifat toleransi dan budaya lokal yang turun temurun dan terjaga. Namun seiring dengan berkembangnya teknologi terutama wilayah perkotaan, budaya lokal itu mulai pudar. Seiring dengan adanya pendidikan karakter untuk menjaga kearifan lokal yang telah mulai pudar. Hal ini akan menambah tindakan sosial rendah pada masa remaja. Maka sering kita melihat dan mendengar dari media cetak dan elektronik konflik antar remaja, tawuran, keacuhan, dan ketidakpedulian. Berbagai cara yang dilakukan lembaga pendidikan untuk menanamkan dan menjaga budaya lokal kepada siswanya. Salah satunya yang dilakukan oleh SMP Hangtuah 1 Surabaya, menanamkan dan mengembangkan perilaku toleransi dan tolong menolong (prososial) ini telah menjadi program melalui kegiatan karya wisata. Program ini di koordinasikan oleh guru bimbingan konseling dengan kepala sekolah, guru mata pelajaran, waka kurikulum, kesiswaan dan wali kelas. Oleh karena itu peneliti tertarik dalam melakukan penelitian yang berjudul “Bimbingan Kelompok Melalui Karyawisata Dalam Meningkatkan Perilaku Prososial Siswa Kelas IX F SMP Hangtuah 1 Surabaya”
Dari uraian tersebut penulis mengambil tiga rumusan masalah antara lain: Bagaimana penerapan bimbingan kelompok melalui karyawisata siswa kelas IX F SMP Hangtuah 1 Surabaya? Bagaimana prososial siswa kelas IX F SMP Hangtuah 1 Surabaya? Bagaimana hasil bimbingan kelompok melalui karyawisata dalam meningkatkan perilaku prososial siswa kelas IX F SMP Hangtuah 1 Surabaya?
Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Tujuan penelitian kualitatif ini adalah untuk menggambarkan realitas yang sebenarnya sesuai dengan fenomena yang ada secara mendalam, rinci, jelas dan tuntas. Hasil yang didapat adalah (1) Penerapan bimbingan kelompok melalui karyawisata siswa kelas IX F SMP Hangtuah 1 Surabaya sudah berjalanan dengan baik, dengan adanya kegiatan rutin persemester diharapkan siswa dapat menjaga kearifan lokal, (2) Kondisi perilaku prososial siwa kelas IX F SMP Hangtuah 1 Surabaya masih tergolong baik, dikarenakan tidak ada kasus yang mencapai tindakan antisosial secara umum, misalnya, perjudian, narkoba, 3) Perilaku prososial siswa kelas IX F SMP Hangtuah 1 Surabaya meningkat setelah mengikuti kegiatan bimbingan kelompok melalu karyawisata. Dengan Indikator bahwa siswa kelas IX F semakin bertambah solidaritasnya sesama teman, lebih jujur, serta bertanggung jawab atas apa yang dilakukan

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Machfud Bachtiyar
Uncontrolled Keywords: Perilaku Prososial; Bimbingan Kelompok; Karyawisata
Subjects: Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Pendidikan > Metode
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Depositing User: Editor : Ummir Rodliyah------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 15 Jan 2016 02:50
Last Modified: 15 Jan 2016 02:50
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/3343

Actions (login required)

View Item View Item