Peningkatan Keterampilan berbicara pada mata pelajaran bahasa inggris materi at the zoo melalui media voucher card siswa kelas 2 Mi Assyafi'iyah Getung Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Syuroiyah, Sherin Himatus (2019) Peningkatan Keterampilan berbicara pada mata pelajaran bahasa inggris materi at the zoo melalui media voucher card siswa kelas 2 Mi Assyafi'iyah Getung Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Sherin Himatus Syuroiyah_D07215039.pdf

Download (2MB)

Abstract

Latar Belakang penelitian ini adalah adanya kesulitan yang dialami siswa kelas II MI Assyafi’iyah Getung Lamongan dalam hal berbicara Bahasa Inggris. Data yang didapatkan menunjukkan dari 17 siswa hanya 11 siswa yang mampu memperoleh nilai di atas KKM dan 6 anak lainnya mendapatkan nilai di bawah KKM. Diharapkan media Voucher Card dapat memperbaiki dan meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Rumusan masalah penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana penerapan media Voucher Card terhadap peningkatan keterampilan berbicara bahasa inggris pada siswa kelas II di MI Assyafi’iyah Getung Lamongan?, 2) Bagaimana peningkatan keterampilan berbicara bahasa Inggris pada siswa kelas II menggunakan media Voucher Card di MI Asyafi’iyah Getung Lamongan?. Metode penelitian yang dilaksanakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan model Kurt Lewin. dalam satu siklus terdapat empat tahapan, yaitu: perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas II MI Assyafi’iyah Getung Lamongan yang terdiri dari 17 siswa. Tindakan yang dilakukan adalah penerapan media Voucher Card untuk meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Inggris siswa. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dokumentasi dan non tes. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa media Voucher Card dapat diterapkan dengan baik untuk meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Inggris siswa. Hasil observasi aktivitas guru pada siklus I sebesar 80%, siklus II 92,3% dan hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I sebesar 77%, siklus II 92,5%. Sebelum menggunakan media, nilai rata-rata siswa adalah 63,42. Terdapat peningkatan keterampilan berbicara bahasa Inggris setelah diterapkannya media Voucher Card. Pada siklus I nilai rata-rata siswa sebesar 72,1 meningkat menjadi 84,1 pada siklus II. Prosentase ketuntasan belajar siswa juga meningkat dari 11 siswa yang tuntas dengan prosentase 65% (Cukup) di siklus I menjadi 15 siswa dengan prosentase 88,2% (Baik) di siklus II. Nilai rata-rata siswa dan prosentase ketuntasan juga diperoleh dengan kesempatan pengerjaan produk yang menunjang keterampilan literasi siswa pada setiap siklus.
Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu penerapan media Voucher Card dalam rangka meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Inggris siswa dapat diterapkan dengan baik dan pengalami peningkatan serta menjadikan siswa lebih percaya diri untuk berbicara bahasa Inggris baik dengan teman maupun dengan guru.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Syuroiyah, Sherin Himatushimatussherin@gmail.comD07215039
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorBachtiyar, Machfudbachtiyah.mahfud@gmail.comUNSPECIFIED
TranscriberMusthofa, M. Bahribahri.musthofa007@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bahasa Inggris
Keterampilan
Pendidikan
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Berbicara: Bahasa Inggris: Media Voucher card
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Syuroiyah Sherin Himatus
Date Deposited: 06 Aug 2019 06:34
Last Modified: 06 Aug 2019 06:34
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/33416

Actions (login required)

View Item View Item