تطبيق نظرية تعلّم الإنسانية أرطور و جومبس لترقية مهارة الكتابة لطلبة الفصل السّابع في المدرسة المتوسطة الإسلامية الحكومية ٢سورابايا

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Afiyah, Afiyah (2019) تطبيق نظرية تعلّم الإنسانية أرطور و جومبس لترقية مهارة الكتابة لطلبة الفصل السّابع في المدرسة المتوسطة الإسلامية الحكومية ٢سورابايا. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
AFIYAH_D02215003.pdf

Download (4MB)

Abstract

Setiap peserta didik memiliki kelebihan dan kekurangan masing.masing. begitu juga dengan keterampilan berbahasa yang dimiliki. Ada empat keterampilan berbahasa yaitu keterampilan mendengar, membaca, berbicara dan menulis. Dari ke empat keterampilan tersebut, keterampilan menulis bisa dikatakan keterampilan yang paling sulis dikarenakan keterampilan tersebut membutuhkan banyak pemahaman kebahasaan lainnya seperti tata bahasa atau qowaid, serta kreativitas mengolah kata untuk dijadikan suatu kalimat atau gagasan. Pembelajaran Bahasa Arab di MTs Negeri 2 Surabaya masih sederhana terutama pada pembelajaran keterampilan menulis. Adapun latarbelakang dari pembahasan ini adalah pendidik dalam proses pembelajaran kurang memiliki inovasi dan teori belajar yang tepat, karena sebuah pelajaran dibutuhkan penggunaan teori belajar yang tepat agar peserta didik tidak merasa kesulitan dan dapat menerima materi lebih efektif dan efesien. Untuk itu teori belajar humanistik Arthur W Combs diterapkan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana keterampilan menulis peserta didik kelas VII-H di MTs Negeri 2 Surabaya dengan menggunakan teori belajar humanistik. Adapun jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah penelitian kuantitatif, dengan metode pengumpulan data melalui observasi, tes (pre-test dan post-tes), wawancara dan dokumentasi. Dari penelitian ini kita mengetahui bahwasanya terdapat peningkatan keterampilan menulis dengan menggunakan teori belajar humanistik Arthur W Combs berdasarkan hasil analisis menggunakan rumus T-Test. Hasil T-Hitung menunjukkan hasil 7,416 dan T-Tabel menunjukkan hasil 5% = 1,693 dan 1% = 2,448. Artinya penelitian T-Hitung lebih besar dari T-Tabel dan ini menunjukkan bahwa hipotesis Ho ditolak dan Ha diterima.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Afiyah, Afiyahafiyah205@gmail.comD02215003
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorPurwati, Enieni.tarbiyah@gmail.comUNSPECIFIED
Thesis advisorAzhari, Saefullahsaefullah652@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Bahasa Arab
Menulis
Pendidikan
Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Psikologi Belajar
Uncontrolled Keywords: Teori Belajar Humanistik Arthur W Combs: Keterampilan menulis
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Afiyah Afiyah
Date Deposited: 05 Aug 2019 06:44
Last Modified: 05 Aug 2019 06:44
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/33382

Actions (login required)

View Item View Item