Pengelolaan Sistem Elektronik Office di Universitas Yudharta Pasuruan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Umam, Muhammad Choirul (2019) Pengelolaan Sistem Elektronik Office di Universitas Yudharta Pasuruan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
M Choirul Umam_D73214043.pdf

Download (2MB)

Abstract

Menuju era perkembangan teknologi ini, banyak sekali organisasi-organisasi atau instansi yang menginginkan untuk menggunakan teknologi otomatisasi yang didukung oleh pemanfaatan efisiensi dan efektifitas teknologi yang ada untuk berkomunikasi dengan banyak orang untuk informasi, maupun untuk keperluan administrasi perkantoran, seperti pengarsipan, dokumentasi, dan surat menyurat. Kebutuhan akan teknologi yang menekankan pada efisiensi dan efektifitas tentu menjadi kebutuhan setiap instansi untuk meningkatkan kualitas di intansi atau organisasi tersebut. Makin maju suatu masyarakat, maka makin banyak dan makin canggih pula teknologi yang ditemukan dan digunakan ditempat tersebut. Dalam hal ini sistem elektronik office sebagai media otomatisasi dapat membantu kegiatan proses administrasi tersebut yang disertai dengan pembuatan laporan-laporannya, yang tentu saja tidak akan membuang waktu yang lama karena telah tersedia program yang dapat mempercepat pemrosesan pengambilan data yang dibutuhkan. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui pengelolaan sistem elektronik office di Universitas Yudharta Pasuruan. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dengan melakukan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan metode. Informan penelitian sebanyak 3 orang yaitu 1 orang informan kunci dan 2 orang sebagai informan pendukung. Hasil penelitian menunjukan bahwa aplikasi elektronik office berupa surat masuk dan surat keluar memudahkan pegawai mengurus administrasi di Universitas Yudharta khususnya dokumen persuratan dan korespondensi sehingga surat dapat diproses secara cepat dan efisien. Hambatan yang ditemui diantaranya terdapat petugas pengelola surat masih belum lancar dalam menggunakan teknologi. Fasilitas penunjang surat elektronik telah tersedia, tetapi pemanfaatannya belum optimal. Jaringan internet sering mengalami gangguan. Selain itu, penggunaan surat masih ada yang menggunakan pengelolaan surat manual sehingga prosesnya menjadi lebih lama.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Umam, Muhammad Choirulmchoirul.umam@yahoo.comD73214043
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorKholis, NurUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorChanna, LiliekUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Manajemen Perkantoran
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan, Sistem Elektronik Office
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Umam M Choirul
Date Deposited: 07 Aug 2019 03:45
Last Modified: 07 Aug 2019 03:45
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/33379

Actions (login required)

View Item View Item