Manajemen kelas berbasis syari'at dalam pembentukan akhlak karimah di Madrasah Aliyah Mu'allimin Mu'allimat Atas Bahrul Ulum Tambakberas Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wahyuni, Ni'ma (2019) Manajemen kelas berbasis syari'at dalam pembentukan akhlak karimah di Madrasah Aliyah Mu'allimin Mu'allimat Atas Bahrul Ulum Tambakberas Jombang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ni'ma Wahyuni_D03212052.pdf

Download (628kB)

Abstract

Kekerasan terhadap perempuan melalui praktik berpacaran anak muda akhir-akhir ini terbilang tinggi. Hal ini adalah tugas lembaga pendidikan dalam membenahi akhlak remaja, khususnya lembaga pendidikan yang berbasis keagamaan. Bukan sebatas mendidik anak namun juga memanajemen lingkungan sosial yang bisa dibuat percontohan bagi lingkungan sosial ‘yang lain’. Maka, menarik diteliti di Madrasah Aliyah Mu’allimin Mu’allimat Bahrul Ulum (MA MMA-BU) yang melakukan manajemen kelas dan basisnya menggunakan hukum syariat Islam untuk tujuan pembentukan akhlak karimah. Penelitian ini menggunakan jenis kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penggalian data dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data ada primer, yakni guru BP/BK sedangkan data sekunder melalui siswa-siswi dan alumni MA MMA-BU. Adapun analisis data menggunakan teori analisis Miles & Haberman, yakni pengumpulan data, reduksi data, display data. Dalam validitas data, peneliti menggunakan triangulasi sumber, teknik dan triangulasi waktu. Hasil yang didapat bahwa manajemen kelas yang dilakukan guru MA MMA-BU didasarkan pada al-Quran dan al-Hadis dengan disokong penjelasan dari materi-materi kitab kuning. Dalam penerapan manajemen kelas berbasis syariah ini, ada praktik yang mencolok berupa pemisahan ruang kelas antara siswa laki-laki dan perempuan saat pembelajaran. Dari sini, ada proses penanaman akhlak berupa menghormati guru, daimul wudlu, ikhlas, istiqamah, malu, dan wira’i. tentunya, terdapat faktor pendukung, yaitu guru yang berbudi luhur, lingkungan sosial yang mendukung, dan madrasah yang berdiri di tengah lingkungan Ponpes Bahrul Ulum Tambakberas Jombang. Adapun penghambatnya adalah siswa luar pondok yang membawa budaya luar masuk ke madrasah, rapat gabungan OSIS putra dan putri, serta tidur dan tertidurnya siswa karena padatnya agenda saat belajar di pondok.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wahyuni, Ni'maima15ardiasyah@gmail.comD03212053
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
TranscriberBawani, Imam-UNSPECIFIED
Thesis advisorBachtiyar, Macfudzmachfud@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Akhlak > Akhlak Mulia
Manajemen Pendidikan
Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Manajemen Kelas; Syariat; Akhlak Karimah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Wahyuni Ni'ma
Date Deposited: 15 Aug 2019 05:01
Last Modified: 15 Aug 2019 05:01
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/33374

Actions (login required)

View Item View Item