Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas IV MI Darul Muta'allimin Tawangsari Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maziyah, Aimmatul (2019) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas IV MI Darul Muta'allimin Tawangsari Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN SUNAN AMPEL SURABAYA.

[img] Text
Aimmatul Maziyah_D97215084.pdf

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini yaitu rendahnya kemampuan pemecahan masalah yang dimiliki siswa kelas IV MI darul Muta’allimin. Siswa akan merasa kesulitan saat diberikan soal yang berbeda dari apa yang telah dijelaskan oleh guru terutama soal-soal cerita. Beberapa faktor peyebabnya adalah model pembelajaran yang masih monoton membuat siswa merasa bosan saat pembelajaran berlangsung sehingga mereka kurang memahami materi yang diajarkan. Berdasarkan analisis peneliti, dari 28 siswa hanya 39% siswa yang mendapat nilai di atas KKM kemampuan pemecahan masalah dengan nilai rata-rata sebesar 64. Penelitian ini bertujuan utntuk: 1) mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think talk write (TTW) pada pembelajaran matematika materi bangun datar di kelas IV MI Darul Muta’allimin Tawangsari Sidoarjo, 2) mendeskripsikan peningkatan kemampuan pemecahan masalah yang dimiliki siswa kelas IV MI Daraul Muta’llimin Tawangsari sidoarjo. Penelitian ini menggunakan model Kurt Lewin yang terdiri dari 2 siklus dengan 4 tahap setiap siklusnya yaitu tahap perencanaan (planning), pelaksanaan (acting), observasi (observing), dan releksi (reflecting). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think talk write (TTW) pada pembelajaran matematika menunjukkan hasil yang sangat baik. Hasil observasi aktivitas guru pada siklus I mendapat nilai 85 (baik) dan meningkat menjadi 93 (sangat baik) pada siklus II. Sedangkan hasil observasi siswa pada siklus I mendapat nilai 88 (baik), dan meningkat menjadi 93 (sangat baik) pada siklus II. 2) kemampuan pemecahan masalah yang dimiliki siswa mengalami peningkatan setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe think talk write (TTW). Pada siklus I, nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa mencapai 67 dengan presentase siswa yang mampu sebesar 61% (rendah). Namun hasil tersebut belum memenuhi indikator kinerja yang diharapkan sehingga dilakukan perbaikan pada siklus II dan hasilnya menunjukkan peningkatan yaitu nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa meningkat menjadi 77 dengan presentase siswa yang mampu sebesar 82% (baik).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maziyah, Aimmatulaima.mazyah2315@gmail.comD97215084
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorWahyuniati, WahyuniatiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorMas'ud, SulthonUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Metode Pembelajaran
Matematika
Pendidikan > Pembelajaran
Uncontrolled Keywords: Think Talk Write
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Maziyah Aimmatul
Date Deposited: 13 Aug 2019 04:24
Last Modified: 13 Aug 2019 04:24
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/33364

Actions (login required)

View Item View Item