Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Melalui Media Tangram Pada Materi Sifat Bangun Datar Tema 8 Subtema 2 Pembelajaran 6 Kelas III B MI Darun Najah Kloposepuluh Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fitriyani, Dwi (2019) Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Melalui Media Tangram Pada Materi Sifat Bangun Datar Tema 8 Subtema 2 Pembelajaran 6 Kelas III B MI Darun Najah Kloposepuluh Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN SUNAN AMPEL SURABAYA.

[img] Text
Dwi Fitriyani _D97215052.pdf

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang peneitian ini adalah siswa kelas III B MI Darun Najah Kloposepuluh didominasi oleh siswa yang aktif namun kurang bisa memahami suatu konsep abstrak seperti sifat sifat setiap bangun datar. Hal itu disebabkan guru jarang menggunakan media saat pembelajaran sehingga membuat siswa bosan, tidak memerhatikan pembelajaran sehingga kurang faham apa yang telah dipelajari. Untuk mengatasi permasalahan tersebut diperlukan suatu media yang menarik dan dapat membuat siswa menjadi kreatif serta menjadikan pembelajaran menjadi lebih bermakna. Melalui penerapan media tangram diharapkan dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika mengenai sifat bangun datar. Permasalahan diatas dapat dirumuskan menjadi 2, yakni : 1) Bagaimana penerapan Media Tangram dalam Peningkatan pemahaman konsep matematika pada materi sifat bangun datar tema 8 subtema 2 pembelajaran 6 kelas III B MI Darun Najah Kloposepuluh Sidoarjo? 2) Bagaimana peningkatan pemahaman konsep matematika melalui media tangram pada materi sifat bangun datar tema 8 subtema 2 pembelajaran 6 kelas III B MI Darun Najah Kloposepuluh Sidoarjo? Penelitian ini menggunakan model Kurt Lewin yang terdiri dari dua siklus, di setiap siklusnya terdapat tiga tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas III B yang terdiri dari 23 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Indikator kinerja penelitian ini yaitu nilai observasi aktivitas belajar ≥80, rata – rata nilai pemahaman ≥67, presentase ketuntasan 75% Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan dari siklus I ke Siklus II. Nilai aktivitas guru pada siklus I 72,7 terjadi peningkatan pada siklus II menjadi 82,9. Nilai aktivitas siswa pada siklus I 76,25 terjadi peningkatan pada siklus II menjadi 88,75. Peningkatan nilai pemahaman konsep yang dilihat dari nilai rata – rata kelas siklus I 67,93 pada siklus II menjadi 78,8 dan presentase ketuntasan pada siklus I sebesar 47,82% mengalami peningkatan menjadi sebesar 78,2% dengan kategori baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fitriyani, Dwidwifitriyani.14.98@gmail.comD97215052
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorWahyuniati, Wahyuniatideen2bemax@gmail.comUNSPECIFIED
UNSPECIFIEDWakhidah, Nurnurwe@rocketmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Pendidikan
Pendidikan > Media
Pendidikan > Pembelajaran
Uncontrolled Keywords: Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika: Sifat Bangun Datar: Tangram.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fitriyani Dwi
Date Deposited: 05 Aug 2019 02:44
Last Modified: 05 Aug 2019 02:44
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/33361

Actions (login required)

View Item View Item