Konsep ‘Ibad al-Rahman dalam tafsir al-Azhar dan tafsir fi Zilal al-Qur’an qs. 25: 63-77

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mustofa, Nurul (2019) Konsep ‘Ibad al-Rahman dalam tafsir al-Azhar dan tafsir fi Zilal al-Qur’an qs. 25: 63-77. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nurul Mustofa_E93215136.pdf

Download (1MB)

Abstract

Sedikit sekali pengetahuan tentang salah satu predikat yang Allah janjikan kepada hamba-hambanya yaitu ibad al-Rahman, yang sering diketahui oleh kebanyakan orang predikat seperti Auliya’, Sulto al-Mubina, Khalifah dan masih banyak predikat-predikat yang lainnya, sedangkan ibad al-Rahman itu sendiri masih sedikit yng mengetahui, dari karakteristiknya, sifat-sifatnya, pandangan hidupnya dan lain sebagainya. Melalui penelitian ini, diharapkan nantinya banyak yang mengetahui lebih mendalam tentang ibad al-Rahman. Pada penelitian ini merujuk pada Tafsi al-Azhar karangan Hamka dan Tafsir Fi Zilal Alquran merupakan salah satu kitab tafsir pertengahan yang ditulis oleh Sayyid Qutb. Kedua mufassir ini dalam kitab tafsirnya membahas secara khusus tentang konsep ibad al-Rahman yang mana pada tafsir-tafsir lainya di dalamnya tidak dijelaskan secara khusus, maka dari itu penting sekali untuk diteliti untuk mengungkap di dalamnya, mulai dari konsep untuk mencapai predikat Ibad al-Rahman kemudian deskripsi penafsiranya keduanya dalam menafsirkan ayat-ayat ibad al-Rahman. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang datanya besumber dari kepustakaan, penelitian ini bertujuan untuk mengunggkap konsep ibad al-Rahman dalam Tafsir al-Azhar karya Hamka dan Sayyid Qutb dalam Tafsirnya Fi Zilal Alquran. Sebelum memasuki penjelasan pada ayat-ayat telah ibad al-Rahman dijelaskan oleh kedua mufassir tersebut tentang ayat-ayat orang yang tidak mempercayai akan sifat Allah swt yang al-Rahman, pada ayat tersebut disebutkan ciri-ciri orang yang tidak mengakui akan sifat Allah swt tersebut, mereka ingkar akan hal itu, maka pada ayat ke 63 - 77 dijelaskan ciri-ciri orang yang percaya akan sifat al-Rahman Allah swt yang disebut dengan ibad al-Rahman (Hamba-hamba Allah swt yang terpilih) di dalam penafsiran kedua juga mencantumkan hadist-hadist yang fungsi terhadap ayat tersebut berbeda-beda, dalam penelitian ini juga akan dibahas tentang persamaan dan perbedaan penafsiran Hamka dan Sayyid Qutb mengenai ibad al-Rahman.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mustofa, Nurulmustofaalkomicholil582@gmail.comE93215136
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorSyarief, MuhammadUNSPECIFIED195610101986031005
Thesis advisorFaruq, UmarUNSPECIFIED196207051993031003
Subjects: Al Qur'an
Tafsir > Tafsir Al Qur'an
Tafsir
Uncontrolled Keywords: ibad al-Rahman; Tafsir al-Azhar; Tafsir Fi Zilal Alquran
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Mustofa Nurul
Date Deposited: 14 Aug 2019 08:12
Last Modified: 14 Aug 2019 08:12
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/33358

Actions (login required)

View Item View Item