Analisis wacana kritis terhadap teks berita pembakaran bendera berlafal tauhid pada media online suara-islam.com

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Artiningsih, Dwi (2019) Analisis wacana kritis terhadap teks berita pembakaran bendera berlafal tauhid pada media online suara-islam.com. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dwi Artiningsih_E91215026.pdf

Download (3MB)

Abstract

Studi ini berupaya untuk melakukan analisis ktitis terhadap teks berita pembakaran bendera berlafal Tauhid pada media online suara-. Ada pun tujuan dari penelitian ini yaitu mengidentifikasi wacana pembakaran bendera berlafal Tauhid yang terdapat pada situs suara-, sekaligus menganalisis secara kritis tentang bagaimana suara- mengkonstruksi wacana pembakaran bendera berlafal Tauhid. Penelitian ini menggunakan analisis wacana kritis Teun A. Van Dijk yang terbagi dalam tiga dimensi, yaitu teks, kognisi sosial, dan konteks sosial. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa dalam segi teks, isu pembakaran bendera berlafal Tauhid memiliki citra yang buruk. Pembakar dikategorikan sebagai anti-Islam, anti-kalimat Laa Ilaaha Illallah Muhammad Rasulullah, penista agama, menghina bendera umat Islam, dan mempersekusi Islam. Dalam segi kognisi sosial, suara- memandang isu pembakaran bendera berlafal Tauhid dengan rasa miris. Menurut suara-, perilaku tersebut mencerminkan kebencian pada kalimat Tauhid dan tidak mencerminkan representasi dari “Islam Nusantara”. Sedangkan dalam konteks sosial, terdapat ancaman nyata dari Hizbut Tahrir Indonesia yang mencari momentum untuk kembali eksis di masyarakat. Dengan demikian, permasalahan ini memberikan peluang pada pihak-pihak yang ingin mengadu domba dan memecah belah bangsa Indonesia, apalagi mendekati tahun politik 2019.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Artiningsih, Dwidwiartiningsih34@gmail.comE91215026
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorZamzami, Mukhammadzamzami81@yahoo.comUNSPECIFIED
Thesis advisorMahzumi, Fikrifikrimuz@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Filsafat
Masyarakat Islam
Media Massa
Keywords: Hizbut Tahrir Indonesia; Tauhid; Teks; Media; Analisis Wacana Kritis.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Filsafat Agama
Depositing User: Artiningsih Dwi
Date Deposited: 08 Aug 2019 04:01
Last Modified: 08 Aug 2019 04:01
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/33357

Actions (login required)

View Item View Item