Perancangan pondok pesantren modern di Gresik dengan pendekatan Biofilik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fakhiroh, Zakiyatul (2019) Perancangan pondok pesantren modern di Gresik dengan pendekatan Biofilik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Zakiyatul Fakhiroh_H73215034.pdf

Download (4MB)

Abstract

Pesantren sebagai suatu lembaga pendidikan Islam yang tumbuh serta diakui masyarakat sekitar dengan sistem asrama, dimana santri menerima pendidikan agama melalui sistem pengajian atau madrasah yang sepenuhnya berada dibawah kedaulatan dari seorang atau beberapa kyai dengan ciri – ciri khas yang bersifat karismatik serta independen dalam segala hal. Permasalahan pondok pesantren sangatlah kompleks, diantaranya tentang kesehatan lingkungan, tingkah laku, gizi dan sarana atau fasilitas pondok. Secara umum, permasalahan tersebut berkaitan dengan kesehatan dan kebersihan. Masalah kesehatan menjadi masalah yang krusial dan saling berkaitan dengan masalah-masalah lain di luar kesehatan itu sendiri. Untuk memberikan solusi pada masalah diatas, pendekatan desain yang relevan adalah pendekatan biofilik karena berkaitan dengan kesehatan dan kenyamanan (health and comfort). Konsep yang diterapkan kedalam desain pondok pesantren dengan pendekatan biofilik adalah “Green and Clean”. Desain biofilik dapat diimplementasikan melalui berbagai cara dalam lingkungan buatan. Desain biofilik dapat menghubungkan penggunanya baik langsung, tidak langsung maupun simbolis melalui elemen – elemen eksterior dan interior dengan lingkungan luarnya. Konsep Clean terimplementasi dalam tata ruang, tata massa dan kenyamanan thermal. Sedangkan konsep Green terimplementasi dalam tatanan ruang luar, lansekap dan elemen – elemen natural yang dibawa dalam desain.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fakhiroh, Zakiyatulzakiyatulfa08@gmail.comH73215034
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorErnawati, Ritarita_ernawati@uinsby.ac.idUNSPECIFIED
TeacherWidiastuti, Mega Ayundyam_ayundya@yahoo.comUNSPECIFIED
Subjects: Arsitektur
Pesantren
Keywords: Pondok Pesantren; Biofilik; Green And Clean
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Arsitektur
Depositing User: Fakhiroh Zakiyatul
Date Deposited: 05 Aug 2019 08:51
Last Modified: 05 Aug 2019 08:51
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/33343

Actions (login required)

View Item View Item