Peningkatan keterampilan berbicara bahasa inggris materi like-dislike melalui model guided conversation di kelas VA MI Ma'arif Pagerwojo Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Batdriyah, Lailatul (2019) Peningkatan keterampilan berbicara bahasa inggris materi like-dislike melalui model guided conversation di kelas VA MI Ma'arif Pagerwojo Sidoarjo. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Lailatul Batdriyah_D97215060.pdf

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan hasil nilai keterampilan berbicara siswa yang kurang maksimal dalam implementasinya dalam Bahasa Inggris. Padahal salah satu indikator penguasaan bahasa adalah mampu berkomunikasi dengan baik meggunakan bahasa tersebut. Sehingga perlu adanya perbaikan. Berdasarkan hasil pretest yang dilakukan peneliti terhadap siswa kelas VA di MI Ma’arif Pegerwojo, penguasaan keterampilan berbicara siswa hanya mencapai 61%. Dengan demikian peneliti mengambil tindakan untuk menerapkan Model Guided Conversation sebagai usaha perbaikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan model Guided Conversation dan bagaimana peningkatan keterampilan berbicara siswa, selain itu diharapkan mampu menumbuhkan minat dan motivasi siswa dalam berlatih berbicara dan menerapkannya.
Model Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan model Kurt Lewin. Subjek penelitian adalah siswa kelas VA di MI Ma’arif Pagerwojo dengan jumlah siswa sebanyak 41 siswa. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua kali siklus yang meliputi empat tahapan berulang yaitu: planning, acting, observing, reflecting. Pengumpulan data didapatkan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) penerapan model Guided Conversation perolehan aktivitas guru meningkat dari siklus I sebesar 72.5 (kurang) dan pada siklus II sebesar 87 (baik) kemudian untuk Aktivitas Siswa mengalami peningkatan dari 73.75 (kurang) menjadi 89 (baik) pada siklus II. 2) Peningkatan keterampilan berbicara siswa yang semula pada Siklus I persentase ketuntasannya 73% (kurang) namun pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 87% (baik).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Batdriyah, LailatulLbatdriyah@yahoo.comD97215060
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorBachtiar, MachfudUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorMas'ud, SulthonUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Bahasa Inggris
Keterampilan
Pendidikan > Bahasa Inggris
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Batdriyah Lailatul
Date Deposited: 06 Aug 2019 04:17
Last Modified: 06 Aug 2019 04:17
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/33320

Actions (login required)

View Item View Item