Efektivitas kegiatan finger painting terhadap kreativitas melukis anak kelompok B di Raudlatul Athfal Muslimat NU 75 Miftahul Huda Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rachmah, Nadiyah Maulidah (2019) Efektivitas kegiatan finger painting terhadap kreativitas melukis anak kelompok B di Raudlatul Athfal Muslimat NU 75 Miftahul Huda Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nadiyah Maulidah Rachmah_D98215064.pdf

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang pada penelitian ini adalah kurangnya kreativitas melukis anak kelompok B. Hal ini dapat dilihat pada saat kegiatan finger painting, ada beberapa anak yang masih ditemani oleh orangtuanya dalam mengerjakan tugas, sehingga membuat anak yang lainnya malas saat mengerjakan tugas. Melalui kegiatan finger painting ini diharapkan anak lebih tertarik mengikuti pembelajaran dan mampu menstimulus perkembangan kreativitas melukis pada diri anak sehingga dapat mengatasi masalah perkembangan kreativitas melukis anak yang kurang optimal di Raudlatul Athfal Muslimat NU 75 Miftahul Huda Gresik. Tujuan penelitian ini yaitu: 1) untuk mengetahui bagaimana kegiatan finger painting pada anak dalam pembelajaran seni melukis di Raudlatul Athfal Muslimat NU 75 Miftahul Huda Gresik. 2) untuk mengetahui bagaimana efektivitas kegiatan finger painting terhadap kreativitas melukis anak di Raudlatul Athfal Muslimat NU 75 Miftahul Huda Gresik. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara serta dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data serta verifikasi. Teknik pengujian keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, triangulasi metode serta triangulasi waktu. Penelitian ini dilakukan di Kelompok B Raudlatul Athfal Muslimat NU 75 Miftahul Huda Gresik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan finger painting pada anak kelompok B Raudlatul Athfal Muslimat NU 75 Miftahul Huda Gresik dapat terlaksana dengan baik. Di samping itu, kegiatan finger painting juga dapat meningkatkan kreativitas anak, hal tersebut ditandai dengan kemampuan anak dalam mengeluarkan ide baru dan mengkombinasikan hal yang baru berdasarkan data yang sudah ada, sehingga dapat dikatakan bahwa kegiatan finger painting ini efektif dalam mengembangkan kreativitas melukis anak.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rachmah, Nadiyah Maulidahnadiyahmaulidahrachmah@gmail.comD98215064
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorMukhoiyaroh, MukhoiyarohUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorDjiwo, Al Quddus Nofiandri Eko SuciptoUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Rahma Nadiyah maulida
Date Deposited: 07 Aug 2019 08:36
Last Modified: 07 Aug 2019 08:36
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/33301

Actions (login required)

View Item View Item