EFEKTIFITAS METODE PEMBELAJARAN TERAPI PICTURE EXCHANGE COMMUNICATION SYSTEM (PECS) TERHADAP KOMUNIKASI VERBAL PADA ANAK AUTIS

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hidayati, Tiyas Nur (2014) EFEKTIFITAS METODE PEMBELAJARAN TERAPI PICTURE EXCHANGE COMMUNICATION SYSTEM (PECS) TERHADAP KOMUNIKASI VERBAL PADA ANAK AUTIS. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (270kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (44kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kefektifan metode pembelajaran terapi Picture Exchange Communication System (PECS) terhadap kemampuan komunikasi verbal anak autis. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif Eksperimen, dengan desain Single Case Experimental (eksperimen kasus tunggal), dengan desain penelitian A-B Withdrawal. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi, menggunakan analisis data dengan grafik deskriptif sederhana. Penelitian ini dilakukan di CAC Surabaya, dan subyeknya adalah satu anak autis dengan tingkat autistik berat berkomorbid dengan hyperactive yang terapi di CAC, lama dilakukannya treament adalah 4 hari masa baseline dan 13 hari treatmen, dengan setiap hari jum’at per minggunya dilakukan posttest sesuai dengan panduan yang sudah dibuat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran PECS tidak efektif terhadap peningkatan kemampuan komunikasi verbal anak autis dengan tingkat autistik yang berat dalam jangka waktu satu bulan. Namun jika dalam penelitian yang singkat pada aspek kemampuan mendengar instruksi mengalami kemajuan dengan level perubahan dari “0” di masa baseline ke “+2” di masa treatmen akhir.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Siti Khorriyatul Khotimah
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hidayati, Tiyas NurUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Metode Pembelajaran
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran PECS; Komunikasi Verbal Anak Autis
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > Psikologi
Depositing User: Editor : Yuhyil Ayda------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 06 Feb 2015 07:02
Last Modified: 06 Feb 2015 07:02
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/333

Actions (login required)

View Item View Item