Persepsi ekonomi penjual Tuak di Desa Palang Kabupaten Tuban terhadap penjualan Tuak

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Savira, Syeni Adestina (2019) Persepsi ekonomi penjual Tuak di Desa Palang Kabupaten Tuban terhadap penjualan Tuak. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Syeni Adestina Savira_G74215182.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Persepsi Ekonomi Penjual Tuak di Desa Palang Kabupaten Tuban Terhadap Penjualan Tuak” ini merupakan hasil penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui alasan sebagian besar masyarakat Desa Palang Kabupaten Tuban berjualan tuak dan persepsi ekonomi penjual tuak di Desa Palang Kabupaten Tuban daridari penjualan tuak. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif, dengan teknik wawancara dan menebar angkat kepada beberapa penjual tuak di Desa Palang Kabupaten Tuban. Data penelitian ini dihimpun dari data penjual tuak yang ada di Desa Palang Kabupaten Tuban, wawancara dengan penjual tuak, serta literatur pendukung yang relevan terhadap permasalahan yang peneliti angkat. Selanjutnya dianalisis menggunakan metode analisis deskriptif. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa terdapat tiga alasan sebagian besar masyarakat Desa Palang Kabupaten Tuban berjualan tuak adalah berjualan tuak dapat meningkatkan perekonomian keluarga mereka, berjualan tuak sudah pekerjaan turun temurun dari keluarga terdahulu, dan berjualan tuak tidak membutuhkan banyak modal. Sedangkan persepsi ekonomi dari penjual tuak terhadap penjualan tuak adalah permintaan tuak selama ini selalu meningkat sehingga penghasilan mereka juga ikut meningkat,serta berjualan tuak telah menyerap tenaga kerja terlatih di Desa Palang Kabupaten Tuban dengan menjalankan usaha berjualan tuak. Berdasarkan kesimpulan di atas, adapun saran yang ditujukan kepada penjual tuak agar tetap melestarikan minuman tradisional khas Nusantara dengan tetap menjual tuak asli yang mengandung manfaat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Savira, Syeni Adestinasyeniadestina@gmail.comG742151822
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHakim, Abdulhakim_ekis@yahoo.co.idUNSPECIFIED
Subjects: Politik > Politik Islam > Persepsi Masyarakat
Keywords: Persepsi Ekonomi; Penjualan; Tuak
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Savira Syeni Adestina
Date Deposited: 05 Aug 2019 01:19
Last Modified: 05 Aug 2019 01:19
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/33299

Actions (login required)

View Item View Item