Kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kedisiplinan peserta didik di Sekolah Menengah Atas Muhammadiyah 1 Taman Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Romadoni, Fitri (2019) Kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kedisiplinan peserta didik di Sekolah Menengah Atas Muhammadiyah 1 Taman Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fitri Romadoni_D93215069.pdf

Download (4MB)

Abstract

Peneliti ini bertujuan untuk mendeskripsikan Kepemimpinan Kepala Sekolah, mendeskripsikan Kedisiplinan Peseta Didik dan mendeskripsikan cara Meningkatkan Kedisiplinan Peserta Didik. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Subyek penelitian adalah kepala sekolah, waka kesiswaan, dan staf kesiswaan sebagai informan kunci. Obyek penelitian ini adalah kepemimpinan kepala sekoah dalam meningkatkan kedisiplinan peserta didik. Dalam proses pencarian data, peneliti menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Gaya kepemimpinan kepala sekolah SMA Muhammadiyah 1 Taman ini adalah demokratis selain itu beliau termasuk pemimpin yang ramah, cerdas, disiplin, tegas dan terarah. Hal ini bisa kita telusuri dari berbagai sumber informan yang ada di sekolah dan bisa kita lihat dari sikap perilaku kesehariannya contohnya: selalu datang lebih awal dari peserta didik dan guru, selalu ramah, senyum dan menyapa para guru, peserta didik dan peneliti selama peneliti melakukan observasi di sekolah tersebut. (2) SMA Muhammadiyah 1 Taman ini mempunyai banyak program kegiatan kedisiplinan dalam ekstrakulikuler. Kegiatan tersebut bisa menumbuhkan perilaku disiplin dan membuahkan hasil berupa prestasi yang diraih peserta didik di SMA Muhammadiyah 1 Taman ini, walaupun ada beberapa peserta didik yang masih ditingkatkan kedisiplinannya dalam hal terlambat sekolah dan memakai pakaian yang tidak lengkap. (3) salah satu cara meningkatkan kedisiplinan ini memakai stategi mendisiplinkan siswa dari E. Mulyasa terdiri dari menumbuhkan konsep diri, keterampilan berkomunikasi, disiplin yang terintegrasi, modifiksai perilaku dalam pembelajaran.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Romadoni, Fitrifitrirohma29@gmail.comD93215069
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBawani, Imamdigilib@uinsby.ac.id2012085201
Thesis advisorFitriatin, Nurnurfitriatin@uinnsby.ac.id2012016701
Subjects: Manajemen Pendidikan
Kepemimpinan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Romadoni Fitri
Date Deposited: 09 Aug 2019 06:21
Last Modified: 09 Aug 2019 06:21
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/33291

Actions (login required)

View Item View Item