فعالية تطبيق وسيلة بوتون لترقية مهارة الكتابة لتلاميذ الفصل العاشر بالمدرسة الثانوية الإسلامية الحكومية الثانية-طوبان

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khotimah, Khusnul (2019) فعالية تطبيق وسيلة بوتون لترقية مهارة الكتابة لتلاميذ الفصل العاشر بالمدرسة الثانوية الإسلامية الحكومية الثانية-طوبان. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Khusnul Khotimah_D72215038.pdf

Download (2MB)

Abstract

Peneliti menemukan masalah di Madrasah Aliyah Negeri 2-Tuban. Banyak siswa merasa kesulitan dalam pembelajaran bahasa arab khususnya di keterampilan menulis. Dan latar belakang dari penelitian ini guru dalam proses pembelajaran tidak memiliki inovasi dalam menyampaikan materi pelajaran, guru hanya menggunakan papan tulis saja untuk menyampaikan materi pelajaran tanpa adanya inovasi dengan menggunakan media pembelajaran yang baik dan sesuai untuk siswa. Untuk itu peneliti menggunakan media pembelajaran powtoon untuk meningkatkan keterampilan siswa di Madrasah Aliyah Negeri 2-Tuban. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui bagaimana kemampuan siswa kelas X dalam maharah kitabah di Madrsah Aliyah Negeri 2-Tuban (2) untuk mengetahui bagaimana penerapan media pembelajaran powtoon untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas X di Madrasah Aliyah Negeri 2-Tuban, (3) untuk mengetahui efektivitas penerapan media powtoon untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas X di Madrasah Aliyah Negeri 2-Tuban. Untuk menjawab permasalahan diatas metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dan menggunakan “t-test”. Dan sampel nya adalah keseluruhan siswa kelas X Mipa-3 dengan jumlah 32 siswa. Untuk mendapatkan data yang diperlukan, peneliti mengguanakan beberapa instrument dalam penelitian yang sesuai dengan pembahasan seperti observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Adapun hasil yang didapat adalah │t hitung│ > t table. Maka dari sini menunjukan bahwa Ha di terima dan Ho ditolak, maka penggunaan media powtoon efektif untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas X MIPA 3 Madrasah Aliyah Negri 2-Tuban. Adapun efektivitas penerapan media pembelajaran powtoon dalam pembelajaran bahasa Arab keterampilan menulis siswa kelas X MIPA 3 Madrasah Aliyah Negeri 2 Tuban terdapat perubahan. Karena sebelum diterapkan media powtoon, rata-rata siswa 72 dan setelah diterapkan mediapowtoon, rata-rata siswa menjadi 82.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khotimah, Khusnulkhotimahk957@gmail.comD72215038
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisornadjib, aanaannajib@gmail.comUNSPECIFIED
Thesis advisorbakar, yunus abuelyunusy@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bahasa Arab
Menulis
Pendidikan
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran; powtoon; keterampilan menulis;
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Khotimah Khusnul
Date Deposited: 05 Aug 2019 07:46
Last Modified: 05 Aug 2019 07:46
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/33273

Actions (login required)

View Item View Item