Redevelopment Kawasan Wisata Religi Makam Sunan Drajat Lamongan dengan pendekatan Semiotika tema Sapta Paweling

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wafah, M. Adib Khoirul (2019) Redevelopment Kawasan Wisata Religi Makam Sunan Drajat Lamongan dengan pendekatan Semiotika tema Sapta Paweling. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
M. Adib Khoirul Wafah_H73215023.pdf

Download (4MB)

Abstract

Jawa Timur merupakan provinsi yang memiliki banyak aset wisata khususnya situs wisata religi makam Walisongo, salah satunya Makam Sunan Drajat Lamongan. Sebagaimana rencana induk pembangunan pariwisata tahun 2017-2032, kawasan wisata religi makam sunan drajat lamongan ini perlu adanya pembaharuan dan perencanaan. Sejarah panjang telah tercatat bahwa Sunan Drajat adalah salah satu tokoh yang terkenal dermawan dan banyak meliliki ajaran serta karya seninya salah satunya sapta paweling yang berisi tujuh petuah dalam kehidupan. Perkembangan wisata religi ziarah wali songo saat ini hanya menjadi destinasi wisata ziarah saja, padahal dari setiap tokoh walisongo memiliki sebuah sejarah panjang dan ajaran-ajaran yang dapat disampaikan dan dipetik oleh pengunjung. Sehingga menjadikan kawasan wisata ini sebagai pusat edukasi dan rekreasi islam disamping fungsi pokok ziarah ke makam. Redevelopment kawasan wisata religi makam Sunan Drajat Lamongan ini merupakan sebuah gagasan dalam melakukan pembaharuan wisata religi walisongo. Rancangan kawasan ini akan menghadirkan sebuah konsep rancangan yang diangkat dari nilai-nilai ajaran sapta paweling yang diintegrasikan dengan Al-Qur’an dan Hadits untuk dikemas dalam sebuah desain arsitektural, sehingga diharapkan dapat menyampaikan pesan yang tersirat dalam tiap-tiap pengalaman ruang sapta pada kawasan ini. Melalui semiotika nilai-nilai sapta paweling diterjemahkan dalam simbol-simbol yang diwujudkan berupa bangunan, ruang-ruang luar maupun ruang dalam serta elemen lainnya. Dengan demikian konsentrasi wisata religi makam Sunan Drajat ini tidak hanya sebatas objek ziarah saja namun juga menjadi pusat edukasi dan rekreasi bagi pengunjung.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wafah, M. Adib Khoiruladibchoymuhammad@gmail.comH73215023
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyari'ah, Arfianinisya27@yahoo.comUNSPECIFIED
Thesis advisorParmo, Parmoparmo_99@uinsby.ac.idUNSPECIFIED
Subjects: Arsitektur
Keywords: Redevelopment; Wisata Religi; Sunan Drajat Semiotika; Sapta Paweling
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Arsitektur
Depositing User: Wafah M. Adib Khoirul
Date Deposited: 05 Aug 2019 04:24
Last Modified: 05 Aug 2019 04:24
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/33252

Actions (login required)

View Item View Item