Peningkatan pemahaman siswa pada pembelajaran Tematik tema VII subtema 1 siswa Kelas IV A melalui model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) di MINU Waru II Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mardiyah, Sofiyatul (2019) Peningkatan pemahaman siswa pada pembelajaran Tematik tema VII subtema 1 siswa Kelas IV A melalui model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) di MINU Waru II Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Sofiyatul Mardiyah_D07215044.pdf

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya tingkat pemahaman Tema 7 Subtema 1 Pembelajaran 1. Hal tersebut diketahui pada saat wawancara dengan guru pengampu pembelajaran tematik pada tahap Prasiklus bahwa pembelajaran tematik yang menggunakan metode pembelajaran tradisional yang disertai kegiatan monoton sehingga siswa kurang termotivasi dalam meningkatkan pemahaman. Rendahnya pemahaman siswa juga terlihat dari hasil tes awal pada prasiklus yang dilakukan oleh peneliti, siswa yang mendapat nilai di atas KKM (>80) sebanyak 35%, sedangkan siswa yang mendapatkan nilai di bawah KKM sebanyak 65%. Oleh karena itu, salah satu upaya yang dilakukan peneliti dalam meningkatkan pemahaman siswa yaitu melalui model pembelajaran CTL. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana penerapan model pembelajaran CTL untuk meningkatkan pemahaman pembelajaran tematik tema 7 subtema 1 siswa kelas IV A MINU Waru II Sidoarjo? 2) Bagaimana peningkatan pemahaman pembelajaran tematik tema 7 subtema 1 melalui model pembelajaran CTL siswa kelas IV A MINU Waru II Sidoarjo?
Metode penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis Mc. Taggart yang terdiri dari dua siklus dengan empat tahapan yaitu, 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan, 3) Observasi, dan 4) Refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru dan siswa, lembar wawancara, lembar tes butir soal pilihan ganda dan uraian, serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan model pembelajaran CTL mengalami peningkatan. Untuk aktivitas guru pada siklus I skor akhir yang diperoleh ialah 79,16 (Cukup) mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 88,09 (Baik), untuk aktivitas siswa pada siklus I skor akhir yang diperoleh 77,08 (Cukup) dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 86,90 (Baik). 2) Pembelajaran dengan model pembelajaran CTL dapat meningkatkan pemahaman materi tema 7, subtema 1 pembelajaran 1. Persentase ketuntasan nilai siswa pada pra siklus yakni 34,78% (Sangat Kurang), pada siklus I meningkat menjadi 60,86% (Kurang), dan pada siklus II mengalami peningkatan 86,95% (Baik). Nilai rata-rata kelas pada pra siklus yaitu 68,3 (Kurang), pada siklus I 72,82 (Cukup), sedangkan siklus II yaitu 86,47 (Baik).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mardiyah, Sofiyatulsofiyatulm@gmail.comD07215044
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAlfin, JauharotiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorSihabudin, SihabudinUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Keywords: Peningkatan Pemahaman; Tema VII Subtema I Pembelajaran 1; Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mardiyah Sofiyatul
Date Deposited: 05 Aug 2019 08:34
Last Modified: 05 Aug 2019 08:34
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/33251

Actions (login required)

View Item View Item