Peran Kiai Haji Mahfudz Siddiq dalam BNO (Berita Nahdlatoel Oelama) 1930-1944

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Putra, Bagus Alam (2019) Peran Kiai Haji Mahfudz Siddiq dalam BNO (Berita Nahdlatoel Oelama) 1930-1944. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Bagus Alam Putra_A92215077.pdf

Download (7MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul :Peran Kiai Haji Mahfudz Siddiq dalam BNO (Berita Nahdlatoel Oelama) 1930-1944. Memilki tiga fokus penelitian, yaitu Bagaimana biografi Kiai Haji Mahfudz Siddiq. Bagaimana sejarah perkembangan Berita Nahdlatoel Oelama. Bagaimana peran Kiai Haji Mahfudz dalam Nahdlatul Ulama dan dalam Berita Nahdlatoel Oelama.Penelitian ini merupakan penelitian sejarah yang menggunakan pendekatan historis. Pendekatan tersebut digunakan peneliti untuk menghasilkan bentuk dan proses dari peristiwa sejarah menjelaskan tentang Peran Kiai Haji Mahfudz Siddiq dalam Berita Nahdlatoel Oelama. Penelitian ini juga mengguanakan teori peranan yang dikenalkan oleh Peter Burke yaitu peranan seorang yang menduduki posisi tertentu didalam struktur masyarakat, berarti seseorang itu mempunyai kedudukan dan mendapatkan kepercayaan dari masyarakat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah : Heuristik, Kritik, Interpretasi (penafsiran) dan Historiografis. Dari hasil penelitian menyimpulkan bahwa: (1) Kiai Mahfudz Siddiq adalah Kiai yang lahir di Jember pada Kamis 27 Rabiul Awal 1325 H atau 10 Mei 1907. Kiai Mahfudz adalah putra dari Kiai Muhammad Siddiq dan Nyai Hj. Maryam yang merupakan keturunan dari keluarga Bani Siddiq Jember. (2)Kesadaran menggunakan surat kabar sebagai media informasi dan propaganda juga dirasakan oleh Nahdlatul Ulama (NU). Semenjak berdiri pada tanggal 31 Januari 1926, setidaknya ada tiga media surat kabar yang diterbitkan oleh Nahdlatul Ulama (NU) yaitu, Swara Nahdlatoel Oelama, Oetoesan Nahdlatoel Oelama, dan Berita Nahdlatoel Oelama. (3) Majalah Berita Nahdlatoel Oelama merupakan transformasi dari Swara Nahdlatol Oelama yang dilakukan oleh Kiai Mahfudz Siddiq. Pada Muktamar ke-9 Nahdlatul Ulama di Banyuwangi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Putra, Bagus Alambagusalamputra@gmail.comA92215077
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorAziz, Abdulabdulazizmedan@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Sejarah > Sejarah Indonesia
Nahdlatul Ulama
Sejarah > Sejarah Islam
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Putra Bagus Alam
Date Deposited: 12 Aug 2019 07:53
Last Modified: 12 Aug 2019 07:53
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/33242

Actions (login required)

View Item View Item