Metode mendamaikan dalam Islam: studi kasus penerapan teknik terapi Forgiveness pada konflik hubungan pertemanan di SMK 3 Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kholifatul, Uun Khudiyani (2019) Metode mendamaikan dalam Islam: studi kasus penerapan teknik terapi Forgiveness pada konflik hubungan pertemanan di SMK 3 Surabaya. Undergraduate thesis, Fakultas Ushuluddin dan Filsafat.

[img] Text
Kholifatul Uun Khudiyani_E07215010.pdf

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini meneliti mengenai metode mendamaikan dalam Islam. Fokus dalam penelitian berkaitan dengan bagaimana metode terapi forgiveness untuk mengatasi konflik persahabatan di SMK 3 Surabaya serta bagaimana hasil terapi forgiveness terhadap konflik persahabatan di SMK 3 Surabaya. Tujuan dari penelitian ini yakni untuk mengetahui indikasi konflik hubungan pertemanan dan faktor yang mempengaruhinya. Selain itu, peneliti menerapkan terapi forgiveness untuk menangani konflik tersebut. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan penyajian data secara deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan empat responden yang memiliki konflik hubungan pertemanan sesama kelas. Dari keempat responden, di antaranya adalah dua responden perempuan dan dua responden laki-laki. Islam menganjurkan perdamaian antar sesama manusia. Alquran menggunakan term islah. Menurut M. Quraish Shihab, fa-ashlihu bermakna orang-orang beriman dituntut untuk turun tangan melakukan perdamaian. untuk menunjukkan upaya menghentikan kerusakan yang terjadi. Dalam penelitian ini, peneliti bukan sekadar sebagai peneliti netral semata, melainkan juga sebagai konselor dalam mengatasi konflik hubungan pertemanan. Di sini peneliti menggunakan terapi forgiveness dengan teknik meditasi cinta kasih selama tiga kali terapi. Hasil penelitian ini adalah terapi forgiveness dapat menjadikan keempat responden tersebut dapat saling memaafkan dan berdamai kembali. Indikasi dari keberhasilan treatmen dengan menggunakan terapi forgiveness adalah responden menjadi lebih tenang, menurunkan egonya, dan memperoleh perilaku yang lebih baik dalam diri responden. Oleh karena itu, peneliti menyimpulkan bahwa terapi forgiveness dapat mengatasi konflik hubungan pertemanan yang ada di sekolah SMK 3 Surabaya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kholifatul, Uun Khudiyanikholifakhudi@gmail.comE07215010
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorDra. Khodijah M.Si, Uciuchykhadijah@yahoo.comUNSPECIFIED
Thesis advisorDr. Ghozi, Lc. M. Fil. I, Ghozighozi.ichsan@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Psikologi Islam
Keywords: Damai; mendamaikan; konflik pertemanan; forgiveness
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Akhlak dan Tasawuf
Depositing User: Khodiyani Kholifatul Uun
Date Deposited: 05 Aug 2019 02:33
Last Modified: 05 Aug 2019 02:33
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/33233

Actions (login required)

View Item View Item