Pemetaan daerah kerawanan kriminalitas menggunakan K-Means Clustering di Wilayah Hukum Polresta Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Pradana, Mochammad Aditiya (2019) Pemetaan daerah kerawanan kriminalitas menggunakan K-Means Clustering di Wilayah Hukum Polresta Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mochammad Aditiya Pradana_H72215030.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kriminalitas memang merupakan masalah yang umum sering terjadi di kehidupan sehari-hari dimana saja termasuk di Kabupaten Sidoarjo. Berbagai tindakan kriminalitas yang telah terjadi di Kabupaten Sidoarjo dengan waktu dan tempat serta jenis kejadian yang berbeda-beda, sulit bagi masyarakat dalam menentukan lokasi daerah rawan kejahatan dan lokasi daerah aman. Sebagai solusi dari permasalahan diperlukan Sistem Informasi Geografis (SIG). SIG adalah salah satu sistem informasi secara khusus digunakan untuk mengelolah data berisi informasi spasial. SIG juga biasa dikombinasikan dengan metode clustering.Clustering merupakan suatu metode untuk mengelompokkan data. Salah satu metode di dalam clustering adalah metode K-Means. K-Means adalah bagian dari analisis cluster non hirarki yang berupaya mempartisi data menjadi beberapa cluster atau kelompok. Hasil clustering menggunakan K-Means menghasilkan 3 set cluster yang memiliki hasil analisis keakuratan terkecil menggunakan Davies-Bouldin Index yaitu sebesar 0,191 dan nilai Silhouette Coefficient terbaik sebesar 0,397 dengan varian terkecil 0,020. Dari hasil clustering yang telah diperoleh menunjukkan bahwa terdapat 8 Kecamatan yang masuk dalam cluster (C1) cukup rawan yaitu Kecamatan Balongbendo, Jabon, Krembung, Prambon, Porong, Tarik, Tulangan, dan Wonoayu. Dalam cluster (C2) rawan ada 8 Kecamatan yaitu Kecamatan Buduran, Candi, Gedangan, Krian, Sedati, Sukodono, Tanggulangin dan Waru. Sedangkan dalam cluster (C3) sangat rawan ada 2 Kecamatan yaitu Kecamatan Kota Sidoarjo dan Taman. SIG yang diperoleh dari penggabungan semua data spasial berdasarkan hasil clustering dan analisis faktor dapat menginformasikan kepada masyarakat di Kabupaten Sidoarjo dimana tempat-tempat yang mempengaruhi terjadinya kriminalitas.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Pradana, Mochammad Aditiyaaditiyajunior@gmail.comH72215030
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNovitasari, Dian Candra Rinidiancrini@uinsby.ac.idUNSPECIFIED
Thesis advisorIntan, Putroue Keumalapuput.in@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Polisi
Keywords: Daerah Rawan Kriminalitas
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Matematika
Depositing User: Pradana Mochammad Aditiya
Date Deposited: 05 Aug 2019 03:54
Last Modified: 05 Aug 2019 03:54
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/33227

Actions (login required)

View Item View Item