Interaksi sosial antara penghayat sapta darma dengan komunitas islam di desa kalipecabean kecamatan candi sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Machfudz, Ali (2019) Interaksi sosial antara penghayat sapta darma dengan komunitas islam di desa kalipecabean kecamatan candi sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN sunan ampel surabaya.

[img] Text
Ali Machfudz_E02215001.pdf

Download (3MB)

Abstract

Interaksi Sosial Antara Penghayat Sapta Darma dengan Komunitas Islam di Desa Kalipecabean Kecamatan harmonis dan sikap gotong royongnya terbilang baik. Skripsi ini bertujuan mengungkapkan sebuah praktek interaksi sosial yang dilakukan antara Sapta Darma dengan Komunitas Islam baik yang dilakukan antara tokoh dan peganut agamanya dalam kehidupan sosial. Peneliti ini menggunakan metode kualitatif yaitu dengan cara mengumpulkan data berdasarkan wawancara, catatan lapangan , dokumen pribadi dan dokumen resmi lainnya. Dengan menggunakan teori tindakan atau bisa disebut dengan teori aksi yang dikemukan oleh Talcott Parson. Teori ini mempunyai empat tipe ini yaitu sistem budaya, sistem sosial, sistem kepribadian, dan sistem organisme perilaku. Dinamika interaksi sosial antara Sapta Darma dengan komunitas Islam di Desa Kalipecabean terbilang harmonis dan selalu menjaga toleransi dari dulu sampai sekarang. Tokoh agama saling mengundang apabila ada acara seperti ada pengajian, tahlilan kematian, hari raya suro dan sebagainya. faktor yang pendukung interaksi sosial antara Sapta Darma dengan komunitas Islam sering mengadakan lintas iman sehingga semua tokoh agama dan aliran kepercayaan saling membaur. Sedangkan faktor penghambat interaksi sosial yaitu waktu jam kerja yang malam apabila ada acara seperti diba’an, yasinan, tahlilan kematian, pengajian yang dilakukan pada malam hari sehingga yang kerja waktu malam tidak bisa mengikuti kegiatan tersebut. Di Desa Kalipecabean dalam satu keluarga ada beberapa kepercayaan seperti ayahnya ikut Sapta Darma, Ibunya ikut Muhammadiyah, dan anaknya ikut Nahdlatul Ulama’. Interaksi sosial yang dilakukan Sapta Darma dan komunitas Islam ini diantaranya apabila Sapta Darma mengadakan Hari Raya Suro pasti mengundang tokoh agama dari komunitas Islam. sebaliknya ada hari lebaran yang diadakan Agama Islam maka dari Sapta Darma ikut hadir membaur dalam hari lebaran. Dan interaksi sosial lainnya seperti ada acara hari kemerdekaan, proses pemakaman yang saling gotong royong.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Machfudz, Alialimachfudz2828@gmail.comE02215001
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBasyir, Kunawikunawi.fu@yahoo.co.idUNSPECIFIED
Thesis advisorArifin, Zainulzen.arifin56@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Agama > Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Interaksi Sosial: Sapta Darma: Komunitas Islam.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Studi Agama - Agama
Depositing User: Machfudz Ali
Date Deposited: 02 Aug 2019 09:27
Last Modified: 02 Aug 2019 09:27
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/33226

Actions (login required)

View Item View Item