Istighosah dalam perspektif Quantum Ikhlas: studi terhadap siswa SMP-SMA An-Najiyah Surabaya dalam mengahadapi Ujian Nasional

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Haq, Moch Masruch Zainul (2019) Istighosah dalam perspektif Quantum Ikhlas: studi terhadap siswa SMP-SMA An-Najiyah Surabaya dalam mengahadapi Ujian Nasional. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Moch. Masruch Zainul Haq_E07215015.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Istighosah terhadap penurunan stress siswa, Istighosah merupakan salah satu penurunan stress bagi siswa yang hendak menghadapi ujian. Permasalahan utama dalam penelitian ini adalah pertama, apa urgensi Istighosah terhadap kesiapan siswa dalam menghadapi Ujian Nasional. kedua, bagaimana penurunan stress terhadap kesiapan Psikologis siswa Ujian Nasional di SMP-SMA An-Najiyah Surabaya. ketiga, Bagaimana Implementasi penurunan stress dalam perspektif Quantum Ikhlas. Adapun tujuan dalam penelitian ini berperan penting dengan adanya kegiatan Istighosah yang membuat siswa tidak merasa cemas dan khawatir saat menjelang Ujian Nasional dan supaya keinginan doa dan niatnya dikabulkan oleh Allah. Lantas manfaat Istighosah siswa merasa lebih rileks, tenang, dan percaya diri. Karena doa dan niat siswa merupakan kunci dari keikhlasan siswa untuk menghadapi Ujian Nasional nantinya. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Wawancara dilakukan dengan menanyakan secara langsung kepada subyek penelitian observasi dilakukan dengan cara mengamati dan mencatat keadaan yang bersangkutan dengan obyek penelitian. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori Erbe Sentanu dalam obyek kajian Quantum Ikhlas. Hasil penelitian ini, mengunkan teori Quatum Ikhlas dari tokoh Erbe Sentanu. Bahwa manusia atau siswa merupakan dunia dengan keseluruhan realita dan dipotret dengan menggunakan pengalaman dan nilai-nilai kemanusiaan secara bersama. Quantum Ikhlas berusaha menciptakan siswa yang lebih baik lagi serta menjadikan siswa mengenali dirinya saat meminta pertolongan kepada Allah, dengan doa dan niat siswa keinginannya tercapai. Dan juga menurut Dadang Hawari dalam praktek terapinya mencapai keinginan merupakan suatu hal yang mudah didapatinya, oleh karena itu teknik syukur dan berdoa kepada orang tua merupakan tindakan awal untuk menumbuhkan rasa Iman di dalamnya. Dalam Quantum Ikhlas siswa di sekolah An-Najiyah Surabaya diajarkan rasa Ikhlas untuk menerima sesuatu hal yang akan didapati nantinya yaitu Hasil Ujian Nasional.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Haq, Moch Masruch ZainulMasruch32@gmail.comE07215015
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
UNSPECIFIEDkhodijah, khodijahuchykhadijah@yahoo.comUNSPECIFIED
UNSPECIFIEDJa'far, Suhermantosuhermanto.jafar@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Doa dan Zikir
Psikoterapi > Psikoterapi Islam
Psikoterapi
Keywords: Istighosah; stress; siswa; Quantum Ikhlas
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Haq Moch. Masruch Zainul
Date Deposited: 06 Aug 2019 03:15
Last Modified: 06 Aug 2019 03:15
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/33220

Actions (login required)

View Item View Item