Membaca surah Yasin pada malam hari: studi kehujjahan hadis Sunan al Darimi nomor indeks 3460

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rizki, Muhammad (2019) Membaca surah Yasin pada malam hari: studi kehujjahan hadis Sunan al Darimi nomor indeks 3460. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Rizki_E95215056.pdf

Download (5MB)

Abstract

Pembacaan surah Yasin merupakan tradisi lama yang masih dipegang oleh kalangan masyarakat Indonesia. Menurut Abu Ihsan al-Atsari didalam bukunya yang berjudul Bincang-Bincang Seputar Tahlilan Yasinan dan Maulidan mengatakan tidak ada dalil yang khusus dari Nabi yang menganjurkan untuk membaca surah Yasin. Sampai sekarang orang-orang yang membaca surah Yasin tidak bisa menunjukan bukti nyata berupa riwayat atau hadis yang sahih yang menunjukan bahwa Nabi Muhammad Saw menganjurkan untuk membaca surah Yasin. Oleh karenanya, penulis melakukan penelitian untuk menjawab permasalahan mengenai kualitas dan kehujjahan hadis tentang membaca surah yasin pada malam hari dalam kitab sunan al-Darimi. Penelitian ini juga membahas tentang pemaknaan hadis. Penelitian ini bersifat kepustakaan (library research) dengan menggunakan metode penyajian secara deskriptif dan analitis. Penelitian ini menggunakan kitab sunan al-Darimi serta dibantu dengan kitab lainnya, kemudian dianalisa dengan menggunakan metode takhrij dan menerapkan kaidah kesahihan hadis serta menerapkan kaidah kehujahan hadis. Adapun hasil dari penelitian ini yaitu kualitas hadis membaca surah yasin pada malam hari adalah sahih li dhatihi dan bisa dijadikan hujjah karena merupakan hadis yang Maqbul Ma’mulun bih. Setelah melakukan pemaknaan hadis mengenai membaca surah yasin pada malam hari, dapat diketahui bahwa membaca surah Yasin jika diniati untuk semata-mata mencari rida Allah maka akan mendapatkan ampunan atas segala dosa-dosa yang diperbuat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rizki, Muhammadrezkymarco8@gmail.comE95215056
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorSucipto, Mohaammad HadiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Hadis
Uncontrolled Keywords: membaca surah Yasin; budaya Yasinan di Indonesia; Sunan al Darimi
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Hadis
Depositing User: Rizki Muhammad
Date Deposited: 05 Aug 2019 01:31
Last Modified: 05 Aug 2019 01:31
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/33212

Actions (login required)

View Item View Item