تحليل الأخطاء الدلالية في ترجمة النصوص من العربية إلى الإندونيسية لدى طلاب فصل التخصص للمدرسة الدينية بمعهد تنوير الأفكار كريان سيدوارجو

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Naim, Muhammad Ainun (2019) تحليل الأخطاء الدلالية في ترجمة النصوص من العربية إلى الإندونيسية لدى طلاب فصل التخصص للمدرسة الدينية بمعهد تنوير الأفكار كريان سيدوارجو. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Ainun Naim_D72215042.pdf

Download (2MB)

Abstract

Peneliti menemukan Siswa Kelas Takhossus Madrasah Diniyah di Pondok Pesantren Tanwirul Afkar Krian Sidoarjo yang menerjemahkan teks Arab banyak yang melakukan kesalahan semantik pada saat mentransfer teks-teks bahasa Arab ke bahasa Indonesia terutama pada pemilihan diksinya. Dan fenomena ini disebabkan oleh berbagai faktor. Berdasarkan data dan fakta yang ditemukan, peneliti tergugah untuk melakukan penelitian ini. Tujuan dari penelitian ini adalah pengetahuan tentang kesalahan semantik dan pembenarannya serta cara mengatasinya. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah metode kualitatif dan deskriptif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan pemeriksaan dokumen. Hasil dari penelitian ilmiah ini adalah bentuk kesalahan semantik bagi siswa dalam memilih kata yang tepat untuk menerjemahkan bahasa Arab ke dalam bahasa Indonesia dan pembenarannya serta cara mengatasinya. Adapun tafsir kesalahan semantik dalam pemilihan kata yang sesuai yaitu siswa mungkin terpengaruhi dengan bahasa Indonesia atau bahasa ibu. Siswa mungkin tidak faham tata bahasa Arab, penerapan pembelajaran mufradat yang kurang, penerapan koidah yang kurang, penerapan menerjemah sastra yang kurang, dan mengansumsikan bahasa Arab dengan asumsi yang salah. Mungkin sebab kesalahan siswa dari konteks pendidikan atau pembelajaran serta mungkin sebab kesalahan dari psikologis pelajar.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Naim, Muhammad Ainunainun446@gmail.comD72215042
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorDimyathi, Muhammad Afifudinafifudindimyathi@uinsby.ac.idUNSPECIFIED
Thesis advisorNu'man, Muhammadnuman_umar@yahoo.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Bahasa Arab
Pendidikan
Uncontrolled Keywords: Analisis Kesalahan; Pembenaran kesalahan; Analisis Semantik Dalam Pemilihan Diksi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Naim Muhammad Ainun
Date Deposited: 06 Aug 2019 07:40
Last Modified: 06 Aug 2019 07:40
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/33208

Actions (login required)

View Item View Item