Peningkatan pemahaman mata pelajaran aqidah akhlak materi al-asma al-husna melalui model pembelajaran kooperatif tipe make a match pada siswa kelas IV MI Nurus Syafi'i Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Dewi, Shely Fransisca (2019) Peningkatan pemahaman mata pelajaran aqidah akhlak materi al-asma al-husna melalui model pembelajaran kooperatif tipe make a match pada siswa kelas IV MI Nurus Syafi'i Sidoarjo. Undergraduate thesis, Uin Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Shely Fransisca Dewi_D97215110.pdf

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang pada penelitian ini adalah rendahnya tingkat pemahamansiswa kelas IV pada materi Al-Asma Al-husna. Hal ini dapat dilihat dari beberapa siswa pada saat pembelajaran menghafal materi al-asma al-husna beserta artinya masih mengalami kesulitan dan kurang memahami apa yang disampaikan. Terlihat dari presentase ketuntasan belajar pada prasiklus masih rendah yaitu 47,61%..maka dari itu upaya yang perlu dilakukan peneliti dalam meningkatkan pemahaman siswa yaitu dengan model pembelajaran make a match.Langkah-langkah model pembelajaran make a match yaitu:1) setiap siswa mendapat satu kartu pertanyaan atau jawaban, 2) siswa mencari pasangan kartu yang didapat, 3)setelah mendapat pasangan dari kartu yang didapat, siswa bersama kelompok berdiskusi tentang materi yang terdapat pada kartu yang dipegang. Tujuan penelitian ini yaitu : 1) mengetahui penerapan model pembelajaran make a matchpada mata pelajaran aqidah akhlak materi al-asma al-husna pada siswa kelas IV MI Nurus Syafi’i Sidoarjo. 2) Untuk mengetahui peningkatan pemahaman materi al-asma al-husna pada siswa kelas IV MI Nurus Syafi’i Sidoarjo melalui model kooperatif tipe make a match. Penelitian ini menggunakan model Kurt Lewin dan dilakukan selama 2 siklus dan setiap siklus terdiri dari perencanaan,pelaksanaan,observasi, dan refleksi. .Penelitian ini dilakukan di kelas IV MI Nurus syafi’i dengan jumlah siswa sebanyak 19 siswa. Data penelitian ini diperoleh dengan teknik observasi, wawancara, tes hasil belajar dan dokumentasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa:1) Penerapan model kooperatif tipe make a match pada materi al-asma al-husna dapat terlaksana dengan cukup baik. Hasil observasi aktivitas guru pada siklus I yaitu 75 (Cukup) dan meningkat menjadi 83,3 (baik) pada siklus II. Sedangkan hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I yaitu 75 (cukup) dan meningkat menjadi 88(baik) pada siklus II. 2) peningkatan pemahaman materi al-asma al-husna pada siswa kelas IV MI Nurus Syafi’i Sidoarjo melalui model kooperatif tipe make a match dapat dilihat dari persentase ketuntasan siswa pada pra siklus yaitu 47,61% (Kurang sekali), siklus I 66,66% (Cukup) dan siklus II 85,71% (baik)

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Dewi, Shely Fransiscashelyfransisca21@gmail.comD97215110
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorMukaffa, Zumrotulzumrotul_mukafah@yahoo.comUNSPECIFIED
Thesis advisorMasud, Sulthonsulthonmasud@yahoo.comUNSPECIFIED
Subjects: Aqidah
Aqidah
Wajib Belajar > Aqidah

Akhlak
Uncontrolled Keywords: Peningkatan Pemahaman: Materi Al-Asma Al-Husna: Model Kooperatif Tipe Make a Match.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Dewi Shely Fransisca
Date Deposited: 05 Aug 2019 04:11
Last Modified: 05 Aug 2019 04:12
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/33207

Actions (login required)

View Item View Item