Analisis implikasi Program Kelompok Tanggung Renteng (TR) KSPPS Muamalah Berkah Sejahtera (MBS) Surabaya terhadap kesejahteraan keluarga anggota Tahun 2019

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rasyidah, Siti Ema (2019) Analisis implikasi Program Kelompok Tanggung Renteng (TR) KSPPS Muamalah Berkah Sejahtera (MBS) Surabaya terhadap kesejahteraan keluarga anggota Tahun 2019. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siti Ema Rasyidah_G74215178.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Analisis Implikasi Program Kelompok Tanggung Renteng (TR) KSPPS Muamalah Berkah Sejahtera (MBS) Surabaya Terhadap Kesejahteraan Keluarga Anggota Tahun 2019” ini merupakan hasil penelitian kualitatif yang bertujuan menjawab pertanyaan tentang: (1) Bagaimana sistem Tanggung Renteng (TR) yang diterapkan oleh KSPPS Muamalah Berkah Sejahtera, (2) Bagaimana kondisi kesejahteraan keluarga para anggota program Tanggung Renteng (TR) KSPPS Muamalah Berkah Sejahtera di tahun 2019, dan (3) Bagaimana bantuan modal dalam bentuk program Tanggung Renteng (TR) berimplikasi terhadap kesejahteraan keluarganya. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi kepada informan dari penelitian ini. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu program Tanggung Renteng (TR) di KSPPS MBS belum diterapkan dengan baik dan lancar sehingga belum memunculkan nilai-nilai karakteristik tanggung renteng pada para anggota kelompok. Selain itu, beberapa hal yang menyebabkan program TR berkurang yakni salah satunya terjadi kemacetan pembayaran tanggungan serta kurangnya kontribusi antara pihak-pihak yang bersangkutan yang menyebabkan kurang lancarnya penerapan TR di KSPPS MBS. Hal ini terbukti dengan adanya penurunan kelompok TR dari 21 kelompok menjadi 2 kelompok dari tahun 2011. Adapun program TR telah berdampak positif terhadap 6 anggota TR dan tidak berdampak terhadap 1 anggota TR. Dengan selesainya skripsi ini, maka penulis dapat memberi saran kepada pihak KSPPS Muamalah Berkah Sejahtera untuk lebih memaksimalkan program dengan cara sering mengontrol dan survei program TR di lapangan agar program tanggung renteng tetap eksistensi dan berjalan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rasyidah, Siti Emarasyidahema@gmail.comG74215178
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorYudha, Ana Toni Roby Candraanatoniroby@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bank Koperasi
Ekonomi Islam
Uncontrolled Keywords: Tanggung Renteng; Kesejahteraan Keluarga
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Rasyidah Siti Ema
Date Deposited: 02 Aug 2019 08:06
Last Modified: 02 Aug 2019 08:06
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/33193

Actions (login required)

View Item View Item