Perancangan Gresik Youth Creative and Community Center dengan pendekatan arsitektur metafora

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nurdiana, Nabillah (2019) Perancangan Gresik Youth Creative and Community Center dengan pendekatan arsitektur metafora. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nabillah Nurdiana_H73215031.pdf

Download (6MB)

Abstract

Kabupaten Gresik sendiri memiliki potensi industri kreatif yang tengah berkembang dan cukup meningkat di tahun 2018 ini. Dilihat dari minat pemuda generasi milenial di bidang teknologi dan industri kreatif saat ini yang cukup tinggi (Rizky, 2018). Terdapat beberapa bidang unggulan dari industri kreatif, yaitu pada subsektor kuliner, fashion, kriya. Sedangkan terdapat 4 subsektor yang sedang berkembang pesat yaitu pada bidang desain komunikasi visual, musik, animasi/video, dan arsitektur. Selain itu terdapat beberapa komunitas seperti teather dan skate yang cukup berkembang dan diminati banyak pemuda generasi milenial saat ini. Akan tetapi tidak tersedianya wadah untuk mereka mengembangkan kegiatan tersebut. Perancangan Gresik Youth Creative and Community Center ini sebagai upaya membantu pemerintah Kabupaten Gresik untuk meningkatkan kreatifitas para pemuda di Kabupaten Gresik. Dengan mencoba menggunakan pendekatan metafora kerajianan khas Gresik yaitu “Damar Kurung”. Nantinya pada rancangan akan memainkan bentukan dan elemen dari damar kurung. Juga sebagai solusi permasalahan pada aspek ketertarikan masyarakat pada Youth Creative and Community Center dan diharapkan mampu mewadahi segala aktifitas industri kreatif dan komunitas di Kabupaten Gresik, serta menjadi ikon baru di Kabupaten Gresik sendiri.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nurdiana, Nabillahnabillahnurdiana@gmail.comH73215031
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyariah, ArfianiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Arsitektur
Kesenian
Remaja
Keywords: Industri Kreatif Kabupaten Gresik; Arsitektur Metafora, Damar Kurung
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Arsitektur
Depositing User: Nurdiana Nabillah
Date Deposited: 07 Aug 2019 01:45
Last Modified: 07 Aug 2019 01:45
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/33181

Actions (login required)

View Item View Item