Gambaran pola orientasi religious pada anggota BANSER

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Karim, Insan Falah (2019) Gambaran pola orientasi religious pada anggota BANSER. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Insan Falah Karim_J71215116.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, pendekatan fenomenologi dan member check sebagai validasi data. Subjek dalam penelitian ini adalah anggota BANSER yang berusia 40 hingga 60 tahun di Surabaya. Penelitian ini menemukan dua tipe orientasi religius. pertama, tipe orientasi religius intrinsik yaitu cara beragama yang memikirkan komitmen terhadap agama dengan seksama dan memperlakukan komitmen tersebut dengan sungguh-sungguh sebagai tujuan akhir; dan kedua tipe orientasi religius indiscriminantly pro-religious menempatkan agama sebagai tujuan akhir sekaligus alat untuk mencapai tujuan pribadinya atau individu tersebut masih dalam proses pencarian hakikat dalam beragama. Dari ketiga informan terdapat persamaan pada aspek-aspek orientasi religius, yaitu Integrasi berupa agama merupakan landasan dan filter dalam menjalani kehidupan; Asosiasional berupa berbagai rutinitas ibadah mendatangkan manfaat baik dari segi pemikiran, fisik ataupun hati dan mempertebal keimanan yang berdampak pada rasa syukur, pasrah, tawakkal, ketenangan, empati, berkurangnya aura negatif dan lain sebagainya; Kualitas Keimanan Intrinsik berupa menyakini Allah SWT. sebagai pencipta dan pengatur rezeki atas iktiar yang telah dilakukan; dan Keteraturan Penjagaan Keimanan Intrinsik Menyadari keimanan ketika sedang turun merupakan hal penting. Ibadah-ibadah wajib dan Sunnah serta menyandarkan diri kepada Allah SWT. harus rutin dilakukan untuk menjaga keimanan agar stabil dan meningkat

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Karim, Insan Falahinsanfalah@gmail.comJ71215116
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSholeh, Moh.UNSPECIFIED195912091990021001
Subjects: Psikologi
Psikologi > Psikologi Islam
Keywords: orientasi religius; BANSER
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > Psikologi
Depositing User: Karim Insan Falah
Date Deposited: 13 Aug 2019 07:15
Last Modified: 13 Aug 2019 07:15
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/33178

Actions (login required)

View Item View Item