Analisis penalaran deduktif atau induktif siswa dalam menyelesaikan masalah matematika ditinjau dari Adversity Quotient

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sari, Aviv Puji Indah (2019) Analisis penalaran deduktif atau induktif siswa dalam menyelesaikan masalah matematika ditinjau dari Adversity Quotient. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Aviv Puji Indah Sari_D74215032.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penalaran adalah proses berpikir untuk menarik kesimpulan dari beberapa pernyataan yang diketahui.Terdapat dua macam penalaran yaitu penalaran deduktif dan penalaran induktif. Penalaran deduktif adalah suatu proses penarikan kesimpulan dari hal-hal yang umum ke hal-hal yang khusus. Sedangkan Penalaran induktif adalah suatu proses penarikan kesimpulan dari hal-hal yang khusus ke hal-hal yang umum. Penalaran deduktif atau induktif siswa dalam menyelesaikan masalah matematika berkaitan dengan daya juang siswa dalam menghadapi kesulitan. Penentuan tingkat daya juang siswa adalah Adversity Quotient (AQ). Adversity Quotient (AQ) adalah kemampuan seseorang dalam menghadapi kesulitan atau permasalahan dengan maemanfaatkan kecerdasan yang dimiliki. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penalaran deduktif atau induktif siswa dalam menyelesaikan masalah matematika ditinjau dari Adversity Quotient. Jenis Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian diambil 6 siswa dari 36 siswa kelas VIII-J SMP Negeri 2 Sukodono yang terdiri dari 2 siswa dengan adversiy quotient rendah (quitter), 2 siswa dengan adversiy quotient sedang (camper) dan 2 siswa adversiy quotient tinggi (climber). Teknik pengumpulan data menggunakan tes penyelesaian masalah dan wawancara, kemudian dianalisis berdasarkan indikator penalaran deduktif atau penalaran induktif. Hasil penelitian ini, diperoleh kesimpulan bahwa: (1) Siswa yang memiliki adversity quotient rendah (Quitter) dalam menyelesaikan masalah matematika menggunakan penalaran induktif. (2) Siswa yang memiliki adversity quotient sedang (Camper) dalam menyelesaikan masalah matematika menggunakan penalaran induktif. (3) Siswa yang memiliki adversity quotient tinggi (Climber) dalam menyelesaikan masalah matematika menggunakan penalaran deduktif

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sari, Aviv Puji Indahavivpujiindahsari@gmail.comD74215032
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorArrifadah, Yuniyuniarrifadah@uinsby.ac.idUNSPECIFIED
Thesis advisorSuparto, Supartosuparto69@yahoo.comUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Minat Siswa
Keywords: Penalaran Deduktif; penalaran Induktif; masalah Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Sari Aviv puji indah
Date Deposited: 05 Aug 2019 04:28
Last Modified: 05 Aug 2019 04:28
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/33175

Actions (login required)

View Item View Item