Perjuangan KH. Ahmad Fadlil dalam Dakwah Islamiyah di Sidayu 1943-1983

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Misbahuddin, Moh. (2019) Perjuangan KH. Ahmad Fadlil dalam Dakwah Islamiyah di Sidayu 1943-1983. Other thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Moh. Misbahudin_A82212151.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul Perjuangan KH. Ahmad Fadlil dalam Dakwah Islamiyah di Sidayu 1943-1983 M. Mencoba untuk mengungkapkan beberapa permasalahan diantaranya tentang Kondisi Sosial Keagamaan Masyarakat Sidayu, perjuangan KH. Ahmad Fadlil dalam dakwah islamiyah di Sidayu sampai pada berdirinya Pon. Pes. Menara Qiyamul Manar sebagai buah hasil perjuangan KH. Ahmad Fadlil. Dalam menjawab permasalahan diatas peneliti menggunakan pendekatan historis dengan menerapkan metode penelitian sejarah antara lain Heuristik, Kriktik Sumber, Interpretasi dan Historiografi. Untuk teori yang digunakan dalam skripsi ini adalah teori Continuity And Change, teori ini akan menganalisa segala bentuk peristiwa yang terjadi dan menguraikan masalah-masalah kesinambungan tentang perubahan-perubahan yang terjadi di Sidayu. Adapun hasil akhir dari penelitian ini yakni terurainya sedikit permasalahan yang dapat disimpulkan bahwa kondisi sosial keagamaan masyarakat Sidayu yang dulunya kental dengan tradisi Hindu, Budha dan kejawen pada akhirnya kemudian teralkulturasi oleh beberapa kebudayaan Islam yang berbeda-beda. Hasil akulturasi kebudayaan Islam tersebut adalah perjuangan KH. Ahmad Fadlil yang menerapkan konsep dakwah kultural yang berpindah-pindah tempat dengan menggunakan kanuragan sebagai alat berdakwah. Masyarakat mengalami perubahan-perubahan yang signifikan baik dari segi pemikiran, mental dan ideologi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Other)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Misbahuddin, Moh.misbahhohex@gmail.comA82212151
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSusanto, Dwidwi.uinsa@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Biografi > Biografi Islam
Sejarah > Sejarah Islam
Uncontrolled Keywords: Perjuangan KH. Ahmad Fadlil; Dakwah Islamiyah
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Misbahuddin Moh.
Date Deposited: 02 Aug 2019 07:54
Last Modified: 02 Aug 2019 07:55
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/33165

Actions (login required)

View Item View Item