Forecasting ketersediaan Air di PDAM Lamongan sebagai akibat perubahan iklim

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ma’rifah, Ummi (2019) Forecasting ketersediaan Air di PDAM Lamongan sebagai akibat perubahan iklim. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ummi Ma'rifah_H72215026.pdf

Download (9MB)

Abstract

Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Lamongan merupakan satu-satunya instansi pemerintah Kabupaten Lamongan yang bergerak dalam penyediaan air untuk kebutuhan masyarakat. Sumber air yang diperoleh dari sungai maupun mata air masih belum diperoleh pengelolaan secara baik dan terpadu menjadikan kapasitas produksi air bersih masih belum mampu untuk mencukupkan kebutuhan masyarakat ditambah lagi dengan adanya tingkat kehilangan air yang begitu tinggi karena adanya kebocoran yang berakibat pada berkurangnya pengelolaan akan air bersih dan juga pendistribusian terhadap masyarakat Sehingga perlu adanya keseimbangan antara persediaan volume produksi air dengan kebutuhan air pada masyarakat. Salah satu cara yang bisa dilakukan bagi pihak PDAM Kabupaten Lamongan yaitu dengan cara memprediksi akan kebutuhan masyarakat terkait persedian air bersih di tahun-tahun yang akan datang, sehingga PDAM Kabupaten Lamongan mampu untuk mempersiapkan persediaan air yang cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Kabupaten Lamongan akan kebutuhan air bersih. Penelitian ini bertujuan untuk menetapkan pemodelan yang akan digunakan untuk prediksi pada hal yang mempengaruhi akan ketersediaan air antara lain produksi air, pemakaian air dan kehilangan air dengan Vector Autoregressive (VAR) namun karena adanya hubungan kointegrasi antar variabel maka digunakan model Vector Error Correction Model (VECM). Berdasarkan model diperoleh hasil nilai MAPE untuk variabel kehilangan sebesar 9.301421 atau 9,3%, pada variabel penggunaan diperoleh hasil nilai sebesar 12.32308 atau 12,3% dan pada variabel produksi diperoleh hasil nilai sebesar 10.80978 atau 10,8%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model yang telah didaapatkan memiliki kinerja yang bagus karena hasil yang diperoleh masih berada diantara kisaran 10% sampai dengan 20%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ma’rifah, UmmiUmmimarifah.umr@gmail.comH72215026
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHafiyusoleh, Moh.hafiyusholeh@gmail.comUNSPECIFIED
Thesis advisorFarida, Yuniaryuniar_farida@uinsby.ac.idUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Keywords: Prediksi; PDAM Kabupaten Lamongan; Vector Autoregressive; Vector Error Correction Model
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Matematika
Depositing User: Ma'rifah Ummi
Date Deposited: 02 Aug 2019 04:01
Last Modified: 02 Aug 2019 04:01
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/33153

Actions (login required)

View Item View Item