Kontra narasi terhadap hoaks Ratna Sarumpaet tentang penganiayaan oleh orang asing perspektif dekonstruksi Jacques Derrida

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hariri, M (2019) Kontra narasi terhadap hoaks Ratna Sarumpaet tentang penganiayaan oleh orang asing perspektif dekonstruksi Jacques Derrida. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
M. Hariri_E91215047.pdf

Download (3MB)

Abstract

Artikel ini meneliti narasi hoaks Ratna Sarumpaet tentang penganiayaan oleh orang-orang asing terhadap dirinya dalam perspektif Jacques Derrida. Kasus ini terjadi pada 21 September dan telah menjadi hoaks nasional pada 3 Oktober setelah polisi melakukan investigasi di tempat kejadian. Latar belakang narasi tersebut setelah ia melalui operasi sedot lemak wajah di salah satu rumah sakit Jakarta yang berakibat bengkak dan memar. Selanjutnya, ia menggunakan narasi penganiayaan tersebut untuk menyembunyikan rasa malu di depan keluarga dan teman-temannya. Narasi tersebut secara luas telah mempengaruhi kondisi politik Indonesia selama dua bulan menjelang pesta demokrasi 2019. Artikel ini ingin menjawab sebuah pertanyaan bagaimana narasi penganiayaan tersebut dalam perspektif dekonstruksi. Dalam perspektif ini, penulis memeriksa penggunaan logika biner dan ide penganiayaan dalam wacana kebohongan. Artikel ini ingin menegaskan bahwa Ratna Sarumpaet berada dalam kondisi tidak kritis dan tidak mempertimbangkan idenya berdasarkan status dirinya sebagai politisi dan aktivis. Akibatnya, penggunaan ide penganiayaan gagal menyembunyikan rasa malu. Ini menyiratkan bahwa narasi tersebut mengalami sesat logika dalam menjadikan kebohongan sebagai keuntungan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hariri, Mm.aank1997@gmail.comE91215047
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorZamzami, MuhkhammadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Filsafat > Filsafat Islam
Filsafat > Filsafat Agama
Keywords: Narasi, Hoaks, Ratna Sarumpaet, Dekonstruksi
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Hariri M.
Date Deposited: 08 Aug 2019 01:37
Last Modified: 08 Aug 2019 01:37
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/33147

Actions (login required)

View Item View Item