Profil antisipasi siswa dalam memecahkan masalah Matematika yang disajikan melalui video ditinjau dari gaya belajar

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Abidah, Faizatun Nuril (2019) Profil antisipasi siswa dalam memecahkan masalah Matematika yang disajikan melalui video ditinjau dari gaya belajar. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Faizatun Nuril Abidah_D74212069.pdf

Download (5MB)

Abstract

Antisipasi sangat dibutuhkan oleh siswa untuk memikirkan terlebih dahulu gambaran atau tindakan yang akan dilakukan sebelum menyelesaikan suatu masalah. Antisipasi dapat dipengaruhi oleh gaya belajar maupun kemampuan siswa dalam memahami suatu masalah. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) mengetahui antisipasi siswa dalam memecahkan masalah matematika yang disajikan melalui video ditinjau dari gaya belajar visual, (2) mengetahui antisipasi siswa dalam memecahkan masalah matematika yang disajikan melalui video ditinjau dari gaya belajar auditori, dan (3) mengetahui antisipasi siswa dalam memecahkan masalah matematika yang disajikan melalui video ditinjau dari gaya belajar kinestetik. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini berupa tes pemecahan masalah berbentuk video dan pedoman wawancara. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 41 Surabaya kelas VIII D. Pengambilan subjek menggunakan teknik purposive sampling. Subjek penelitian terdiri dari 6 siswa yang terdiri atas: 2 siswa yang memiliki gaya belajar visual, 2 siswa yang memiliki gaya belajar auditori dan 2 siswa yang memiliki gaya belajar kinestetik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang memiliki gaya belajar visual dan gaya belajar auditori dalam menyelesaikan masalah matematika yang disajikan melalui video memiliki karakteristik antisipasi analitik. Siswa berusaha untuk menganalisis masalah yang dihadapi dan menetapkan tujuan/kriteria untuk membimbing tindakan yang akan dilakukan, membuat langkah-langkah penyelesaian, membayangkan sebab akibat, dan mempertimbangkan alternatif lain. Siswa yang memiliki gaya belajar kinestetik dalam menyelesaikan masalah matematika yang disajikan melalui video memiliki karakteristik antisipasi kaku. Siswa mengetahui ada yang tidak sesuai namun tetap berpegang teguh dengan cara yang digunakan sekalipun terlintas informasi baru, dan tidak mengevaluasi cara yang telah digunakan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Abidah, Faizatun Nurilfaizatunnurila@gmail.comD74212069
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSadieda, Lisanul Uswahlisanuluswah@yahoo.comUNSPECIFIED
Thesis advisorLailiyah, Sitilailiyah@uinsby.ac.idUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Evaluasi
Keywords: Antisipasi; Masalah Matematika yang Disajikan melalui Video; Gaya Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Abidah Faizatun Nuril
Date Deposited: 02 Aug 2019 07:05
Last Modified: 02 Aug 2019 07:05
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/33146

Actions (login required)

View Item View Item