Perancangan Pondok Pesantren Modern Muhammadiyah Di Lamongan Dengan Pendekatan Arsitektur Neo-Vernakular

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Karimah, Asmaul (2019) Perancangan Pondok Pesantren Modern Muhammadiyah Di Lamongan Dengan Pendekatan Arsitektur Neo-Vernakular. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Asmaul Karimah_H73215016.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pondok pesantren adalah Lembaga Pendidikan islam tertua di Indonesia yang mengalami perkembangan cukup pesat dari waktu ke waktu baik dalam sistem Pendidikan maupun infrastrukturnya. Salah satu kota yang terdampak dari perkembangan pondok pesantren adalah kota Lamongan. Kecamatan Paciran menjadi kecamatan di kabupaten Lamongan yang banyak berdiri pondok pesantren. Lokasi yang dekat dengan pantai memudahkan penyebaran agama Islam pada saat itu, sehingga banyak ditemukan pondok pesantren di daerah pesisir Paciran ini. Seiring dengan berjalannya waktu pondok pesantren dalam pembangunannya terus pengalami perkembangan. Karena pondok pesantren yang bersifat tumbuh, akibat yang di timbulkan dari pembangunan yang terus tumbuh dan berkembang ini, mengakibatkan perencaanan penataan pondok pesantren yang kurang baik. Sehingga pembagian zonasi pada pondok pesantren kurang efisien lokasi pondok pesantren yang dekat dengan pantai mengakibatkan pondok pesantren rawan mengalami kegagalan struktur, hal ini menjadi salah satu masalah bagi pondok pesantren. Karena berhubungan dengan keamanan dan keselamatan pengguna pondok pesantren. Perancangan dengan pendekatan Arsitektur Neo-Vernakular diharapkan dapat menyelesaikan permasalahan yang ada di Pondok Pesantren Modern, karena dalam melakukan proses perancangan Arsitektur Neo-Vernakular memeperhatikan unsur budaya, iklim dan lingkungannya. Sehingga di harapkan dalam perancangan Pondok Pesantren Modern ini dapat menghadirkan konsep awal bangunan sebagai pondok pesantren kholafi serta menyelesaikan permasalahan yang ada pada pondok pesantren tanpa meninggalkan nilai lokalitas yang ada.

Kata Kunci: Pondok Pesantren, Arsitektur Neo-Vernakular.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Karimah, Asmaulasmaulkarimah123@gmail.comH73215016
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHapsari, Oktavi Elokoktagaudielok@gmail.comail.comUNSPECIFIED
Thesis advisorPrianto, Kusnulpriantokusnul@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Arsitektur
Keywords: Pondok Pesantren: Arsitektur Neo-Vernakular
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Arsitektur
Depositing User: Karimah Asmaul
Date Deposited: 05 Aug 2019 08:46
Last Modified: 05 Aug 2019 08:46
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/33142

Actions (login required)

View Item View Item