Implementasi Customer Relationship Management di Sekolah Menengah Pertama Khadijah Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sunan Hs, Muhyis (2019) Implementasi Customer Relationship Management di Sekolah Menengah Pertama Khadijah Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhyis Sunan HS_D03214018.pdf

Download (1MB)

Abstract

Customer Relathionsip Management (CRM) adalah salah satu strategi komunikasi. Yang menempatkan pada perusahaan atau penyedia layanan jasa sebagai subjek dan konsumen atau murid dengan wali murid sebagai pengguna jasa lembaga pendidikan sebagai objek. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana konsep CRM (Customer Relathionsip Management), dan Implementasi CRM di SMP Khadijah Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif sebagaimana menggambarkan hasil penelitian dengan kata-kata atau deskriptif yang disesuaikan dengan teori. Konsep CRM yang ada di SMP Khadijah Surabaya sudah diterapkan, konsep CRM di SMP Khadijah Surabaya adalah dengan melakukan analisis lalu melakukan survey dengan mengklasifikasi calon pengguna jasanya, menyebarkan angket kepada calon siswa; dari mana dia mengetahui informasi SMP Khadijah Surabaya, apakah dari internet, melihat spanduk, membaca brosur atau rekomendasi orang tertentu. Implementasi CRM di SMP Khadijah Surabaya adalah layanan dengan memberikan pendampingan atau pertukaran informasi kepada murid dan wali murid. hubungan sekolah dengan pengguna jasa terbilang cukup intens. Adanya media komunikasi (Whatsapp Group) memungkingkan sekolah untuk menggali informasi terkait apa yang dirasakan dan diharapkan oleh pelanggan. Tahapan dalam implementasi CRM di SMP Khadijah Surabaya dengan memberikan Informasi terkini sekolah terutama terkait prestasi akademik dan non akademik siswa, Menerima input informasi dari murid dan wali murid terkait layanan yang diberikan, kritik dan saran agar layanan yang diberikan selalu prima dan menemukan solusi yang terbaik ketika menemui kesulitan. Hal itu dilakukan sekolah agar murid dan wali murid merasa nyaman dan menjadi loyal terhadap sekolah. Evaluasi secara berkala terkait program dan kinerja yang telah dilakukan oleh sekolah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sunan Hs, Muhyiskang,muhyis@gmail.comD03214018
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorMa'arif, SamsulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorFitriatin, NurUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Metode Pembelajaran
Manajemen Pendidikan
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Uncontrolled Keywords: Customer Relationship Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Sunan Hs Muhyis
Date Deposited: 05 Aug 2019 03:03
Last Modified: 05 Aug 2019 03:03
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/33141

Actions (login required)

View Item View Item