Penerapan pembelajaran matematika berbasis masalah pada materi luas persegi panjang dan persegi di kelas VII MTs Negeri Kota Probolinggo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mukarromah, Mar’atush Sholihatul (2019) Penerapan pembelajaran matematika berbasis masalah pada materi luas persegi panjang dan persegi di kelas VII MTs Negeri Kota Probolinggo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mar'atush Sholihatul Mukarromah_D04212015.pdf

Download (735kB)

Abstract

Matematika merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam kehidupan seseorang. Rendahnya kemampuan siswa dalam memahami dan memaknai matematika sudah dirasakan sebagai masalah yang cukup pelik dalam pengajaran matematika. Hal itu sesuai dengan salah satu tujuan pembelajaran matematika pada jenjang pendidikan dasar dan tingkat menengah yang dimuat dalam kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) dan kurikulum 2013 menghendaki pembelajaran di sekolah berpusat pada siswa, di sini guru hanya sebagai fasilitator dan motivator dalam mengoptimalkan belajar siswa yaitu melatih cara berpikir dan bernalar dalam menarik kesimpulan. Salah satu pembelajaran yang berpusat pada siswa adalah pembelajaran berbasis masalah. Pada pembelajaran ini, siswa dihadapkan pada situasi yang berorientasi masalah yang autentik dan bermakna sehingga melatih siswa berpikir kreatif dan mampu memecahkan masalah. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan : aktivitas siswa selama penerapan pembelajaran matematika berbasis masalah, aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran selama penerapan pembelajaran matematika berbasis masalah, respon siswa setelah penerapan pembelajaran matematika berbasis masalah dan hasil belajar siswa setelah penerapan pembelajaran matematika berbasis masalah. Penelitian ini dilakukan dikelas VII-A MTs Negeri Kota Probolinggo dengan menggunakan rancangan penelitian One Shot-Case Study. Untuk memperoleh data aktivitas siswa dan aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran dilakukan pengamatan dengan menggunakan instrumen lembar pengamatan, lembar angket respon siswa kepada siswa dan instrumen tes akhir. Berdasarkan analisis data, penelitian ini memberikan kesimpulan : aktivitas siswa selama pembelajaran tergolong aktif sebesar 90,98% dan aktivitas siswa selama pembelajaran tergolong pasif sebesar 9,02%. Aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran dikategorikan sangat baik yaitu sebesar 3,713%. Respon siswa selama pembelajaran yang menyatakan (minat) terhadap komponen pembelajaran rata-rata sebesar 76,5% dan respon siswa selama pembelajaran yang menyatakan (tidak minat) terhadap komponen pembelajaran rata-rata sebesar 23,5%, karena komponen respon siswa tersebut memperoleh presentase lebih dari 70% maka dikatakan efektif. Hasil tes akhir selama pembelajaran diketahui bahwa jumlah siswa yang mencapai nilai lebih dari atau sama dengan 75 adalah 25 siswa dengan kata lain 73,5% dikatakan tuntas dan 9 siswa dengan kata lain 26.5% dikatakan tidak tuntas dalam belajarnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mukarromah, Mar’atush Sholihatulmaratushsholihatul.mukarromah@yahoo.comD04212015
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorSetyawati, Maunahmaunah_iain@yahoo.comUNSPECIFIED
Thesis advisorSuparto, Supartosuparto69@yahoo.comUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Pendidikan
Pendidikan > Pembelajaran
Uncontrolled Keywords: PBM; Pembelajaran berbasis masalah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mukarromah Mar’atush Sholihatul
Date Deposited: 02 Aug 2019 03:06
Last Modified: 02 Aug 2019 03:06
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/33134

Actions (login required)

View Item View Item