Nilai-nilai Islam dalam serat sastra gending karya Sultan Agung

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Amaliyah, Dwi Rizqi (2019) Nilai-nilai Islam dalam serat sastra gending karya Sultan Agung. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dwi Rizqi Amaliyah_A92215033.pdf

Download (4MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul Nilai-Nilai Islam dalam Serat Sastra Gending karya Sultan Agung. Serat Sastra Gending adalah salah satu karya dari Sultan Agung Hanyakrakusuma (1613-1645). Yang berisi tentang ajaran-ajaran Islam dan dua disiplin Ilmu yaitu Teologi dan Mistik yang kandungan isinya bernilai penting. Untuk memaknai serat sastra gending di perlukan pendekatan atau teori untuk memahami teks di dalamnya. Dalam rumusan masalah terdapat tiga fokus penelitian, yaitu Bagaimana Biografi Sultan Agung, Bagaimana Deskripsi Serat Sastra Gending karya Sultan Agung, Bagaimana Nilai-Nilai Islam dalam Serat Satra Gending karya Sultan Agung.Untuk menjawab permasalahan tersebut, penulis menggunakan pendekatan Sejarah Sinkronik untuk mengungkap riwayat hidup Sultan Agung, Pendekatan Biografis untuk menelusuri kenyataan hidup dan subjek yang akan di teliti. Adapun teori yang digunakan dalam skripsi ini adalah teori resepsi oleh Hans Robert Jauss, yang memiliki relevansi dengan penelitian tentang Sastra Gending khususnya aspek nilai-nilai Islam. Dengan rumusan masalah yang ada dari beberapa penelitian yang penulis lakukan dari sumber sumber primer dan sekunder, dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: 1) Sultan Agung Hanyakrakusuma lahir pada tanggal 14 November 1592 M meninggal pada tahun 1645 yang mengarang serat sastra gending 2) Sastra Gending berbentuk macapat terdiri dari 5 pupuh Sinom 13 bait, Asmaradana 12 bait, Dandanggula 11 bait, Pangkur 17 bait, Durma 19 bait 3) Nilai-nilai Islam dalam serat sastra gending terdapat 3 aspek nilai, nilai aspek keimanan, nilai aspek syariah, nilai aspek tasawuf.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Amaliyah, Dwi Rizqiwiwincaem1234@gmail.comUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorMasyhudi, MasyhudiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Kebudayaan
Agama > Agama dan Ilmu Pengetahuan
Budaya
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Amaliyah Dwi Rizqi
Date Deposited: 06 Aug 2019 08:11
Last Modified: 06 Aug 2019 08:11
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/33127

Actions (login required)

View Item View Item